Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Alala

ROHMATIN, ISNA LUTFI (2017) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Alala. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
i. Cover Skripsi_Pra-BAB.pdf

Download (2MB)
[img] Text
vi. BAB I.pdf

Download (577kB)
[img] Text
vii. BAB II.pdf

Download (759kB)
[img] Text
viii. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ix. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text
x. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
xi. Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB)
[img] Text
xii. Profil Penulis_xiv. Lembar Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan bukan hanya sebagai upaya proses pembelajaran untuk membentuk manusia potensial secara intelektual semata melalui transfer of knowledge. Tetapi proses tersebut juga harus dijadikan sebagai upaya pembentukan masyarakat yang berwatak, beretika, dan berestetika melalui transfer of value yang terkandung di dalamnya. Penanaman nilai pendidikan karakter berperan penting dalam pembentukan kepribadian atau karakter seseorang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) pesan-pesan yang terkandung dalam kitab Alala sebagai pembentuk karakter pesertadidik. (2) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam kitab Alala. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan mengambil objek yaitu kitab Alala berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumenter (documentary study), sedangkan analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis), dengan mengambil objek kitab Alala. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kitab Alala, sedangkan sumber data skunder berupa terjemah kitab Alala serta sumber lain yang menunjang sumber data primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pesan-pesan kepada seorang pencari ilmu pada nadhom alala meliputi: a) Seseorang yang mencari ilmu harus memiliki 6 syarat, yaitu cerdas, semangat, sabar, biaya, petunjuk ustadz dan waktu yang lama. b) Dalam bergaul, peserta didik harus mampu memilih teman yang baik, dengan cara melihat siapa temannya. c) Seorang pencari ilmu harus memiliki rasa hormat dan bakti terhadap guru. d) Ilmu fiqih merupakan ilmu yang lebih utama untuk dipelajari setelah ilmu tauhid, karena ilmu fiqih menentukan sah atau tidaknya ibadah seseorang. e) Peserta didik harus memiliki sikap kerja keras dalam belajar. f) Seseorang harus bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin untuk belajar dan beribadah, agar waktunya tidak terbuang sia-sia. g) Dalam mencari ilmu, seseorang tidak cukup berdiam diri di rumah, namun harus merantau atau pergi kesuatu tempat untuk menemui ahli ilmu. h) Seseorang harus menjaga lisan, melatih nafsu, husnudhon, dan pemaaf. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Alala meliputi: a) Nilai pendidikan karakter religius, b) Nilai pendidikan karakter jujur, c) Nilai pendidikan karakter kerja keras, d) Nilai pendidikan karakter mandiri, e) Nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu, f) Nilai pendidikan karakter gemar membaca, g) Nilai pendidikan karakter menghargai prestasi, h) Nilai pendidikan karakter cinta damai, i) Nilai pendidikan karakter bersabat/komunikatif, j) Nilai pendidikan karakter tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 13 Feb 2019 02:21
Last Modified: 13 Feb 2019 02:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item View Item