Efektivitas Media pembelajaran E-Comic untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh pada Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Grogol Tahun Ajaran 201612017

KURNIAWAN, BAYU (2017) Efektivitas Media pembelajaran E-Comic untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh pada Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Grogol Tahun Ajaran 201612017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
i. Cover_v. Pra BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
vi. BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
vii. BAB II.pdf

Download (238kB)
[img] Text
viii. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ix. BAB IV.pdf

Download (250kB)
[img] Text
x. BAB V.pdf

Download (178kB)
[img] Text
xi. BAB VI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
xii. Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB)
[img] Text
xiii. Daftar riwayat hidup_Lampiran 18. Dokumentasi kbm.pdf

Download (12MB)

Abstract

Media pengajaran dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar di sekolah, dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapunya. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan kepada siswa melalui media pengajaran e-comic dan mengetahui efektivitas penerapan media ini sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Negeri Grogol. Populasi penelitian ini adalah 348 siswa kelas VIII MTs Negeri Grogol, Kabupaten Kediri yang terbagi menjadi delapan kelas. Sedangkan jumlatr sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 siswa kelas VIII-A dan VIII-B. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Hasil penelitian kuantitatif eksperimental mengungkapkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan media pembelajaran e-comic lebih efektif dibandingkan dengan proses belajar mengajar tanpa menggunakan media pembelajaran pada pokok bahasan makanan dan minuman halal dan haram pada kelas VIII MTs Negeri Grogol. Kelompok yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran e-comic mempunyai rata-rata sebesar 75,05. Sedangkan kelompok yang tidak diberi perlakuan atau yang menggunakan metode ceramah mempunyai rata-rata sebesar 68,48.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 06 Feb 2019 04:29
Last Modified: 06 Feb 2019 04:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item View Item