INOVASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN DI SMAN 1 TALUN BLITAR

YULISTIA, AYU LAILA (2018) INOVASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN DI SMAN 1 TALUN BLITAR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100314_Pra Bab.pdf

Download (314kB)
[img] Text
932100314_Bab I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
932100314_Bab II.pdf

Download (248kB)
[img] Text
932100314_Bab III.pdf

Download (342kB)
[img] Text
932100314_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
932100314_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
932100314_Bab VI.pdf

Download (887kB)

Abstract

Kata Kunci: Inovasi, Guru Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Inovasi pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dan harus dimiliki oleh seorang guru. Hal ini disebabkan agar pembelajaran akan lebih hidup dan bermakna. Oleh karenanya, seorang guru pendidikan Agama Islam dituntut untuk menjadi pribadi yang inovatif dalam proses pendidikan. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui inovasi yang digunakan guru pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran di SMAN 1 Talun Blitar. Skripsi ini membahas tentang Inovasi guru pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran di SMAN 1 Talun Blitar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui inovasi yang digunakan guru dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat inovasi guru pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran di SMAN 1 Talun Blitar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dimana peneliti terjun langsung kelapangan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan sampel penelitian dengan memilih beberapa orang yang terdiri dari kepala sekolah, tenaga pendidik dan peserta didik. Data yang diterima kemudian dianalisis untuk mengetahui seberapa besar bentuk Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran di SMAN 1 Talun Blitar. Hasil penelitian inovasi guru pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran di SMAN 1 Talun Blitar dinilai cukup berhasil. Hal ini dapat dilihat dari hasil lapangan yang menunjukkan peserta didik memiliki nilai yang rata-rata di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Keberhasilan ini ditunjang dari beberapa faktor pendukung baik dari faktor internal maupun faktor eksternal yang meningkatkan inovasi pembelajaran pada peserta didik. Hal ini pula ditegaskan dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dimana peserta didik sangat bersemangat dalam menerima pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 08 Jul 2020 05:03
Last Modified: 08 Jul 2020 05:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1233

Actions (login required)

View Item View Item