SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyyah dan Akhlakul Karimah) Sebagai Alternatif Pembentukan Akhlak Siswa di MAN 1 Kediri

Khoir, Anna Ikbatul (2017) SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyyah dan Akhlakul Karimah) Sebagai Alternatif Pembentukan Akhlak Siswa di MAN 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER_PRA BAB.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTARRIWAYAT HIDUP_surat pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

SKUA merupakan salah satu kebijakan Kementerian Agama yang diintruksikan kepada seluruh lembaga yang berada dibawah naungannya sebagai penguatan terhadap materi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang bertujuan untuk memberikan solusi terhadap kelemahan baca tulis al-qur’an, ubudiyah dan akhlakul karimah siswa. MAN 1 KEDIRI merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang berusaha untuk menjadikan akhlak siswa sebagai objek utamanya, hal ini sesuai dengan salah satu visi madrasah yaitu kualitas yang meliputi akhlak siswa. Sehingga, banyak sekali konsep-konsep yang berhubungan dengan nilai-nilai keagamaan di dalamnya. Dalam hal ini mendorong penulis untuk mengkaji tentang penerapan SKUA yang dilaksanakan di MAN 1 KEDIRI. Dalam hal ini, peneliti akan mendiskripsikan tentang: 1. Akhlak siswa di MAN 1 KEDIRI, 2. Penerapan SKUA di MAN 1 KEDIRI, dan 3. Peran SKUA dalam membentuk akhlak siswa di MAN 1 KEDIRI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian Deskriptif. Sesuai dengan pendekatan ini, kehadiran peneliti sangat penting, karena peneliti adalah instrumen kunci untuk menangkap makna yang ada. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model analisis deskriptif kualitataif, yaitu dengan cara menelaah seluruh data yang sudah ada, mereduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, dan mengategorikan data. Tahap terakhir yang dilakukan adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari analisis penelitian ini menunjukan: 1. Akhlak siswa di MAN 1 KEDIRI adalah baik. Sebab, dalam aktivitasnya terdapat nilai-nilai spiritual yang berfungsi untuk membentuk akhlak siswa sebagai hamba Allah dan anggota masyarakat, 2. Penerapan SKUA dilandasi oleh surat edaran dirjen pendidikan IslamNo: DJ.II.I/PP.00/ED/863A/2008 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Agama RI No. 2 Tahun 2008. Dalam pelaksanaan bimbingan ini bersifat personal, buku SKUA harus dibawa setiap mengikuti pembinaan dan pengujian untuk mendapatkan nilai dan paraf guru pembimbing. Penilaian hasil pengujian diberikan pada raport SKUA, 3. Peran SKUA dalam pembentukan akhlak siswa di MAN 1 KEDIRI sebagai penguatan terhadap materi Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 31 Dec 2018 02:59
Last Modified: 31 Dec 2018 02:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/113

Actions (login required)

View Item View Item