STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK MENTAL DAN AKHLAK SISWA TUNAGRAHITA SEDANG SMPLB NEGERI KOTA BLITAR TAHUN 201

Kurniawan, Humam Nasiruddin (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK MENTAL DAN AKHLAK SISWA TUNAGRAHITA SEDANG SMPLB NEGERI KOTA BLITAR TAHUN 201. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104914- Pra Bab.pdf

Download (506kB)
[img] Text
932104914-BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
932104914-BAB II.pdf

Download (489kB)
[img] Text
932104914-BAB III.pdf

Download (296kB)
[img] Text
932104914-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text
932104914-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
932104914-BAB VI.pdf

Download (239kB)
[img] Text
932104914-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Humam Nasiruddin Kurniawan, Dosen Pembimbing Moh. Zaenal Fanani, M. Pd.I, dan Dewi Agus Triani, M. Pd.I : STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK MENTAL DAN AKHLAK SISWA TUNAGRAHITA SEDANG SMPLB NEGERI KOTA BLITAR Tahun 2018, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2018. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Guru PAI, Pembentukan Mental dan Akhlak, Tunagrahita Sedang Sepanjang sejarah menunjukkan bahwa anak terbelakang mental (Tunagrahita) sering gagal melakukan suatu tugas daripada anak normal. Anak terbelakang mental secara umum kurang memiliki motivasi untuk sukses dan kurang percaya diri dalam berbuat sehingga sering mengalami kegagalan dalam hidup. Kegagalan hidup yang sering dialami oleh anak yang terbelakang mental juga menjadi faktor penghambat bagi munculnya motivasi untuk hidup pada diri anak terbelakang mental. Maka dari itu strategi guru PAI dalam membentuk mental dan akhlak siswa sangatlah diperlukan agar mereka mampu menghadapi hidup yang ada saat ini dan tidak gampang terpengaruh terhadap hal-hal yang bersifat negatif. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan guru agama dalam membentuk mental dan akhlak siswa tunagrahita sedang di SMPLB Negeri Kota Blitar? (2) Bagaimana dampak strategi pembelajaran dalam pembentukan mental dan akhlak siswa tunagrahita sedang di SMPLB Negeri Kota Blitar?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Triangulasi, pemeriksaan keabsahan data dengan memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwasanya guru PAI di SMPLB Negeri Kota Blitar dalam kegiatan pembelajaran menggunakan strategi, seperti: ceramah, tanya jawab, drill, sosiodrama dan demonstrasi. Dampak pembentukan mental dan akhlak guru PAI meliputi: anak menjadi mudah dikendalikan emosinya, tidak lagi canggung dalam bertanya kepada guru, anak-anak dengan waktu terus menerus menjadi terbiasa membaca huruf hijaiyah, tolong menolong terhadap sesamanya dan mereka tidak kesulitan menerapkan pembelajaran yang mereka tangkap dari guru.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 13 Mar 2020 03:08
Last Modified: 13 Mar 2020 03:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1092

Actions (login required)

View Item View Item