Pembelajaran Tata Bahasa Arab Menggunakan Kitab “Ajrumiyyah” di Pondok Pesantren Terpadu “Al-Kamal” Kunir Wonodadi Blitar

Muslim, Imam (2015) Pembelajaran Tata Bahasa Arab Menggunakan Kitab “Ajrumiyyah” di Pondok Pesantren Terpadu “Al-Kamal” Kunir Wonodadi Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932502111-prabab.pdf

Download (920kB)
[img] Text
932502111-bab1.pdf

Download (931kB)
[img] Text
932502111-bab2.pdf

Download (693kB)
[img] Text
932502111-bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932502111-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932502111-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text
932502111-bab6.pdf

Download (863kB)
[img] Text
932502111-Daftar Pustaka.pdf

Download (543kB)

Abstract

تعليم قواعد اللغة العربية باستخدام كتاب "أجرومية" في المعهد الإسلامي والعصري "الكمال" كونير وونودادي باليتار : Penggemblengan diri yang dilakukan dalam pesantren mencakup banyak hal, diantaranya melalui pengkajian kitab kuning. Kitab kuning merupakan karya para ulama islam terdahulu yang ditulis dengan menggunakan bahasa arab tanpa memakai harakat. Pengkajian kitab kuning ini diperlukan, sebab melalui kitab-kitab kuning inilah para ulama serta santri memperdalam kajian keilmuan, terutama yang berhubungan dengan ilmu keagamaan, seperti: al-qur'an, hadits, fiqih, ushul fiqih, aqidah, akhlak tasawuf dan terutama tata bahasa arab. Fokus penenelitian ini adalah: Bagaimana pembelajaran tata bahasa arab menggunakan kitab “ajrumiyyah” di Pondok Pesantren Terpadu “Al-Kamal” Kunir Wonodadi Blitar dan apa saja kelebihan dan kekurangan pembelajaran tata bahasa arab menggunakan kitab “ajrumiyyah” di Pondok Pesantren Terpadu “Al-Kamal” Kunir Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Tempat penelitian di Pondok Pesantren Terpadu “Al-Kamal” Kunir Wonodadi Blitar. Sumber data berasal dari Ketua pondok, Kepala madrasah, Guru Kitab “ajrumiyyah”, Siswa Kelas 1C Ula, Sekretaris Pondok, Sekretaris Madrasah dan Kitab Ajrumiyyah. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian peneliti menganalisis secara deskriptif induktif dan untuk pemeriksaan keabsahan data, peneliti menggunakan teknik perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian pembelajaran tata bahasa arab menggunakan kitab “ajrumiyyah” di Pondok Pesantren Terpadu “Al-Kamal” Kunir Wonodadi Blitar yaitu tujuan pembelajaran kitab ajrumiyyah supaya siswa dapat membaca kitab tanpa harakat dengan benar dan paham ma’nanya, pada pembelajaran guru menggunakan metode deduktif dan tanya jawab. Adapun kelebihan dalam pembelajaran tata bahasa menggunakan kitab “ajrumiyyah” adalah kitab ajrumiyyah merupakan kitab yang cocok bagi pemula, guru menggunakan metode belajar yang tepat untuk memahamkan siswanya dan siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Kekurangan dalam pembelajaran tata bahasa adalah latar belakang santri yang berbeda-beda, kurangnya kelas belajar, dan siswa hafal materi akan tetapi belum bisa menerapkan ketika membaca kitab tanpa harakat. Untuk pemecahan masalah dari kekurangan tersebut ialah guru agar selalu mengarahkan siswanya, guru memilih strategi yang tepat dan memanfaatkan ekstrakulikuler guna menunjang belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 17 Feb 2020 06:27
Last Modified: 17 Feb 2020 06:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1026

Actions (login required)

View Item View Item