Studi Kritis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X Di MAN 3 Kediri Tahun Ajaran 2014-2015

Husna, S. Maulidatul (2015) Studi Kritis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X Di MAN 3 Kediri Tahun Ajaran 2014-2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932113611-Prabab.pdf

Download (432kB)
[img] Text
932113611-bab1.pdf

Download (570kB)
[img] Text
932113611-bab2.pdf

Download (474kB)
[img] Text
932113611-bab3.pdf

Download (197kB)
[img] Text
932113611-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
932113611-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
932113611-bab6.pdf

Download (118kB)
[img] Text
932113611-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)
[img] Text
932113611-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran akidah akhlak, selama ini kurang efektif. Dalam pembelajaran, guru cenderung monoton menerangkan di depan kelas, sehingga proses motivasi belajar peserta didik rendah. Dengan menggunakan pendekatan saintifik, peserta didik dituntut aktif dalam pembelajaran. Sehingga dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Akidah Akhlak kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan efektivitas pendekatan saintifik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MAN 3 Kediri tahun ajaran 2014-2015 dan studi kritis pendekatan saintifik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MAN 3 Kediri tahun ajaran 2014-2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Dan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, selanjutnya menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X sudah berjalan baik, hal tersebut dapat dilihat dari penerapan pendekatan saintifik model problem based learning dan discovery learning masing-masing telah sesuai dengan langkah-langkah pendekatan saintifik, yaitu; menanya, mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. 2) Pendekatan saintifik efektif diterapkan pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X, itu terbukti dari peserta didik aktif dalam berdiskusi dan debat pada pembelajaran Akidah Akhlak. Selain itu, peserta didik dapat mengembangkan kretivitasnya dalam menyajikan informasi melalui power point sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan. Hal ini sesuai dengan prinsip-prinsip pendekatan saintifik. Efektivitas penerapan pendekatan saintifik bisa juga dilihat dari Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran cukup bagus, Ketuntasan belajar menunjukkan bahwa hasil belajar sebagian besar peserta didik di atas KKM. Dalam aktifitas belajar, peserta didik aktif dan antusias dalam mengikuti proses diskusi kelompok. Respon peserta didik terhadap pembelajaran akidah akhlak positif. 3) Pendekatan Saintifik kurang sesuai diterapkan pada pelajaran akhlak. Karena pelajaran akhlak memerlukan metode pembiasaan. Namun, pendekatan saintifik efektif diterapkan pada materi akidah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:54
Last Modified: 31 Dec 2019 01:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1005

Actions (login required)

View Item View Item