Efektifitas Metode Muraja‘Ah Dalam Penghafalan Al-Qur’an Siswa Kelas X Agama Tahfidz Di MAN Nganjuk

‘Ainurrizki, Moch. Dairobi (2015) Efektifitas Metode Muraja‘Ah Dalam Penghafalan Al-Qur’an Siswa Kelas X Agama Tahfidz Di MAN Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932110011-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932110011-bab1.pdf

Download (502kB)
[img] Text
932110011-bab2.pdf

Download (522kB)
[img] Text
932110011-bab3.pdf

Download (476kB)
[img] Text
932110011-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
932110011-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
932110011-bab6.pdf

Download (124kB)
[img] Text
932110011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)
[img] Text
932110011-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penghafalan al-Qur’an sudah lama dilakukan bahkan saat nabi diturunkan ayat atau surah maka beliau segera menghafalkanya. Menghafal al-Qur’an juga terjadi di MAN Nganjuk. Pada umumnya siswa kelas X tahfdiz di MAN Nganjuk memiliki keunggulan dari kelas yang lainya yakni dikelas ini disamping belajar seperti biasa juga disuruh untuk menghafalkan al-Qur’an. Pada kelas tahfidz ini lebih menekankan hafalan dengan metode muraja‘ah dengan cara disima’ oleh temannya sendiri. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan metode muraja‘ah dalam menghafalkan al-Qur’an bagi siswa kelas X agama tahfidz di MAN nganjuk?, 2) Bagaimana tingkat efektifitas metode muraja‘ah dalam menghafalkan al-Qur’an bagi siswa kelas X agama tahfidz di MAN nganjuk?, 3) Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan metode muraja‘ah dalam menghafalkan al-Qur’an bagi siswa kelas X agama tahfidz di MAN nganjuk?. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu, 1) Pelaksanaan metode muraja‘ah di Kelas X agama tahfidz MAN nganjuk sudah berjalan dengan lancar. Hal ini dapat dilihat dari berjalanya proses belajar mengajar yang sesuai dengan program yang telah ditetapkan oleh lembaga. Dan juga melakukan evaluasi/ imtihan pada akhir bulan. 2) Metode muraja‘ah dalam proses pendidikan hafidz al-Qur’an sudah berjalan dengan cukup efektif, karena setelah melihat pelaksanaannya melalui observasi sudah tergolong optimal/ sudah sesuai, dan ada yang sudah memenuhi target hafalan meskipun sedikit. Peserta didik sudah ada yang hafal 5 juz yakni ada 2 peserta didik. Namun ada juga yang hafal di bawah 5 juz, yakni 4 juz ada 2 anak, 3 juz ada 2 anak, 2 juz ada 5 anak dan ada yang baru hafal 1 juz yakni 7, Metodenya countinu digunakan, serta sarana prasanara dikelas juga mendukung. 3) Faktor yang menghambat dalam efektifitas metode muraja‘ah di kelas X agama tahfidz MAN Nganjuk adalah: malas, pengaturan waktu belajar yang kurang kondusif, terdapat ayat yang hampir sama dengan ayat – ayat yang lainya. Sedangkan Faktor pendukung dalam efektifitas metode muraja‘ah di kelas X agama tahfidz MAN Nganjuk adalah: semangat peserta didik dalam menghafal, perhatian guru, sarana dan prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 27 Dec 2019 08:51
Last Modified: 27 Dec 2019 08:51
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/984

Actions (login required)

View Item View Item