Studi Komparasi Motivasi Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Antara Yang Aktif Dan Tidak Aktif Pramuka Di Man Nglawak Kertosono Tahun Pelajaran 2014-2015

Irwinsyah, M Shoim (2015) Studi Komparasi Motivasi Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Antara Yang Aktif Dan Tidak Aktif Pramuka Di Man Nglawak Kertosono Tahun Pelajaran 2014-2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109311-prabab.pdf

Download (334kB)
[img] Text
932109311-bab1.pdf

Download (520kB)
[img] Text
932109311-bab2.pdf

Download (586kB)
[img] Text
932109311-bab3.pdf

Download (586kB)
[img] Text
932109311-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932109311-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
932109311-bab6.pdf

Download (268kB)
[img] Text
932109311-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img] Text
932109311-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, kedisiplinan belajar banyak dipengaruhi oleh berbagai factor dan di antara factor tersebut adalah motivasi belajar, motivasi belajar mengambil peran penting dalam tercapainya kedisiplinan belajar. Akan tetapi motivasi sendiri juga dipengaruhi oleh berbagai factor baik internal maupun eksternal. Lingkungan merupakan factor eksternal yang sangat berperan dalam meningkatkan motivasi bahkan kedisiplinan belajar siswa. Untuk itu penulis tertarik untuk mendalami dan meneliti tentang perbedaan motivasi dan kedisiplinan belajar siswa yang aktif dan tidak aktif pramuka di MAN Nglawak Kertosono, dengan rumusan, a) bagaimana motivasi dan kedisiplinan belajar siswa yang aktif pramuka di MAN Nglawak Kertosono? b) bagaimana motivasi dan Kedisiplinan belajar siswa yang tidak aktif pramuka di MAN Nglawak Kertosono? c) Apakah ada perbedaan Motivasi dan Kedisiplinan belajar siswa antara yang aktif dan tidak aktif pramuka di MAN Nglawak Kertosono? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pola komparasi dengan populasi penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 70 siswa. Dalam proses penelitian ini penulis menggunakan pengumpulan data dengan metode kuisioner (angket) dan metode dokumentasi. Adapun pada pengujian hipotesis penulis mengunakan analisa data kuantitatif dengan rumus t-test independent. Hasil penelitian diketahui bahwa motivasi belajar yang aktif pramuka di MAN Nglawak Kertosono Tahun Ajaran 2014/2015 termasuk dalam kriteria baik yang diketahui dari nilai rata-rata 101,4000, sedangkan kedisiplinan belajar yang aktif pramuka termasuk dalam kriteria cukup yang diketahui dari nilai rata-rata 59,17. Sementara motivasi belajar yang tidak aktif pramuka di MAN Nglawak Kertosono Tahun Ajaran 2014/2015 termasuk dalam kriteria cukup yang diketahui dari nilai rata-rata 82,65, kedisiplinan belajar yang aktif pramuka termasuk dalam kriteria cukup yang diketahui dari nilai rata-rata 53,95. Studi komparasi motivasi dan kedisiplinan belajar siswa antara yang aktif dan tidak aktif pramuka menggunakan rumus t-test independent. Menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi dan kedisiplinan belajar siswa yang aktif dan tidak aktif pramuka di MAN Nglawak Kertosono. Hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 dan kedisiplinan belajar siswa diperoleh 0,038 yang lebih kecil dari pada alpha 0,05. Dengan perbandingan skor rata-rata motivasi belajarnya 101,4000 : 82,6500, sementara perbandingan tingkat kedisiplinan belajarnya 59,17 : 53,95, Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi dan kedisiplinan belajar siswa yang aktif lebih baik dari pada siswa yang tidak aktif pramuka di MAN Nglawak Kertosono.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 27 Dec 2019 08:19
Last Modified: 27 Dec 2019 08:19
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/981

Actions (login required)

View Item View Item