Studi Multi Situs Pelaksanaan Pendidikan Inklusif di SMP YBPK Kediri dan SMP Islam Al-Azhaar Tulung Agung

Zahrol F, Fathimatul (2015) Studi Multi Situs Pelaksanaan Pendidikan Inklusif di SMP YBPK Kediri dan SMP Islam Al-Azhaar Tulung Agung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108811-prabab.pdf

Download (512kB)
[img] Text
932108811-bab1.pdf

Download (404kB)
[img] Text
932108811-bab2.pdf

Download (652kB)
[img] Text
932108811-bab3.pdf

Download (398kB)
[img] Text
932108811-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
932108811-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
932108811-bab6.pdf

Download (127kB)
[img] Text
932108811-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
932108811-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)

Abstract

Dalam rangka mengupayakan pemerataan pendidikan bagi seluruh warga Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan tentang program sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, yaitu pendidikan yang mengikutsertakan semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus agar belajar bersama anak pada umumnya dalam satu lingkungan pendidikan. Sekolah penyelenggara pendidikan inklusif seyogyanya melakukan penyesuaian sistem agar dapat mengakomodasi seluruh peserta didik. Sementara saat ini masih banyak sekolah inklusif yang dalam praktiknya sama dengan pendidikan integrasi. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan inklusif pada sekolah inklusif, yaitu di SMP YBPK Kediri dan SMP Islam Al-Azhaar Tulung Agung, mengingat kedua sekolah tersebut memiliki latar belakang yang sama, yakni sebagai sekolah inklusif dengan peserta didik berkebutuhan khusus terbanyak pada tingkat SMP, dan merupakan sekolah inklusif pertama di Kota Kediri dan Kabupaten Tulung Agung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan komparatif, dengan memfokuskan penelitian pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, evaluasi/penilaian pembelajaran, dan prestasi peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Di SMP YBPK guru menyusun RPP secara umum dan melakukan beberapa penyesuaian seperti kedalaman materi dan penggunaan metode dalam mengakomodasi seluruh peserta didik. Sedangkan Guru Pembimbing Khusus (GPK) menyusun PPI bagi PDBK tanpa bekerja sama dengan guru pelajaran. Di SMP Islam Al-Azhaar guru menyusun RPP secara umum tanpa melakukan penyesuaian bagi PDBK, sedangkan GPK menyusun PPI bagi masing-masing PDBK bekerjasama dengan guru pelajaran. 2) Proses pembelajaran di SMP YBPK guru menampakan sikap ramah, toleran dan menggunakan metode/media yang bervariasi. Peserta didik regular sudah dapat menerima PDBK dengan baik dan berperan sebagai tutor sebaya. Model pembelajaran bagi PDBK adalah kelas regular dengan Pull Out. Di SMP Islam Al-Azhaar guru menampakan sikap ramah dan toleran. Guru belum menggunakan metode/media pembelajaran yang bervariasi. Peserta didik regular sudah dapat menerima PDBK dengan baik, namun belum berperan sebagai tutor sebaya. Model pembelajaran bagi PDBK adalah kelas regular dengan Pull Out. 3) Evaluasi/penilaian pembelajaran di SMP YBPK dibuat sama oleh guru secara umum. Pada saat tes penilaian hasil belajar, GPK melakukan penyesuaian cara bagi PDBK yakni dengan pendampingan dan bimbingan saat tes berlangsung. GPK membuat jurnal harian namun belum ada raport deskripsi bagi PDBK yang mengikuti kurikulum modifikasi. Di SMP Islam Al-Azhaar evaluasi/penilaian pembelajaran dibuat oleh guru secara umum. GPK melakukan modifikasi isi/materi dan cara penilaian. GPK membuat jurnal harian bagi PDBK. Raport hasil belajar PDBK terdiri dari raport regular dan raport deskripsi. 4) Prestasi PDBK di kedua sekolah tersebut cenderung meningkat dalam hal sosialisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 27 Dec 2019 07:19
Last Modified: 27 Dec 2019 07:19
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/972

Actions (login required)

View Item View Item