Strategi Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Shalat Berjamaah pada Siswa Mts Negeri Ngronggot Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014-2015

Khoiriyah, Amirotul (2015) Strategi Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Shalat Berjamaah pada Siswa Mts Negeri Ngronggot Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014-2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932107211-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932107211-bab1.pdf

Download (427kB)
[img] Text
932107211-bab2.pdf

Download (565kB)
[img] Text
932107211-bab3.pdf

Download (541kB)
[img] Text
932107211-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
932107211-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
932107211-bab6.pdf

Download (197kB)
[img] Text
932107211-Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB)
[img] Text
932107211-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)

Abstract

Indonesia merupakan suatu Negara yang kaya akan penduduk, terdiri dari berbagai agama, suku dan etnis. Salah satunmya penduduk yang memeluk agama Islam, diberbagai sudut banyak ditemukan mushola tempat beribadahnya. Kini disekolah-sekolah telah terbangun mushola atau masjid, diharapkan semua siswa bisa melaksanakan kewajiban umat Islam yakni shalat sebagaimana bisa dilaksanakan di mushola sekolah, karena sekarang telah banyak waktu pelajaran yang sampai lama di sekolah, sehingga guru harus bisa mengelola bagaimana strategi yang tepat digunakan untuk memberi semangat keaktifan shalat berjamaah bisa terlaksana dan tujuan sekolah bisa tercapai. Fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana kegiatan sholat berjamaah peserta didik di Mts Negeri Ngronggot Kab. Nganjuk, 2). Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan sholat berjamaah peserta didik di Mts Negeri Ngronggot Kab. Nganjuk serta 3). Bagaimana strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan shalat berjamaah di Mts Negeri Ngronggot Kab. Nganjuk. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observasi partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah study kasus. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan factual dan analisisnya dilakukan melalui tiga jalur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan ndan tringulasi. Dalam hasil penelitian menunjukan bahwa:.1) Berdasarkan program kegiatan yang telah dilaksanakan dari awal di mulai kegiatan shalat berjamaah telah terlaksana sesuai dengan perencanaan, siswa telah mengikuti shalat berjamaah dengan tertib sesuai jadwal dan para guru selalu mendamping serta memberikan arahan dan motivasi pada siswa untuk selalu aktif mengikuti kegiatan – kegiatan keagamaan. 2) Pelaksanaan kegiatan shalat berjamaah telah memiliki sarana yang lengkap dan memadai untuk kegiatan para siswa baik shalat berjamaah ataupun kegiatan-kegiatan keagamaan yang lainnya, Kurang luasnya mushola menjadi kurangnya kegiatan shalat berjamaah, para siswa sehingga terjadwal. 3) Kegiatan shalat berjamaah berjalan dengan adanya pendekatan para guru untuk ikut serta kegiatan dengan para siswa, pada pelaksanaannya guru telah membuat jadwal kegiatan berjamaah tiap kelasnya dengan pendamping wali kelasnya dan dibentuk koordinator keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 20 Dec 2019 04:05
Last Modified: 20 Dec 2019 04:05
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/963

Actions (login required)

View Item View Item