Efektivitas Boarding School dalam Meningkatkan Kualitas Sholat (Studi Kasus di MTs Ma’arif NU Kota Blitar)

Mufida, Nisa’ul (2015) Efektivitas Boarding School dalam Meningkatkan Kualitas Sholat (Studi Kasus di MTs Ma’arif NU Kota Blitar). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104811-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932104811-bab1.pdf

Download (377kB)
[img] Text
932104811-bab2.pdf

Download (416kB)
[img] Text
932104811-bab3.pdf

Download (518kB)
[img] Text
932104811-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
932104811-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
932104811-bab6.pdf

Download (264kB)
[img] Text
932104811-daftar pustaka.pdf

Download (360kB)
[img] Text
932104811-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)

Abstract

Sholat merupakan salah satu sarana yang disediakan oleh Allah bagi manusia untuk menjalin hubungan dengan-Nya. Kualitas sholat itu dapat dilihat dari adanya kesempurnaan dan keutamaan sholat dinilai dari sisi lahiriyah syarak, sisi batiniahnya, bahkan hakikatnya yang paling dalam adalah yang menyatukan hamba dengan penciptanya. Dengan ketentuan-ketentuan lahiriah mengenai sholat, seraya menganjurkan umat untuk menunaikan sholat dengan kehadiran hati dan kekhusyukan, karena yang dapat dilihat oleh manusia hanyalah yang secara lahiriah saja. Dalam sistem pendidikan boarding school seluruh peserta didik wajib tinggal dalam satu asrama sehingga kegiatan kurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, baik di sekolah, asrama dan lingkungan masyarakat dipantau oleh guru-guru selama 24 jam. Kesesuaian sistem boarding-nya, terletak pada semua aktivitas siswa yang diprogramkan, diatur dan dijadwalkan dengan jelas. Maka peneliti ini bertujuan untuk mengetahui: efektivitas Islamic Boarding School dalam meningkatkan kualitas sholat (studi kasus di MTs Ma’arif NU Kota Blitar). Dari konteks penelitian diatas, maka penulis ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan Islamic Boarding School di MTs Ma’arif NU Kota Blitar?, Apa bentuk peranan Islamic Boarding School dalam meningkatkan kualitas sholat di MTs Ma’arif NU Kota Blitar? Dan Bagaimana hasil dari peranan Islamic Boarding School dalam meningkatkan kualitas sholat di MTs Ma’arif NU Kota Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Analisis dilakukan dengan memaparkan data secara rinci yaitu dikelompokkan dan dikategorikan, dan penarikan kesimpulan terkait data-data yang sudah dipaparkan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Pelaksanaan Islamic boarding school di MTs Ma’arif NU Kota Blitar terdapat tiga intra yang dilakukan yaitu intra pagi, intra sore dan intra malam serta selain ketiga intra itu, di isi dengan kegiatan peribadahan. Kegiatan peribadahan sholat dilakukan wajib berjama’ah dari sholat wajib dan sunnahnya. Bentuk peranan Islamic Boarding School yaitu penyampaian materi sholat, pembiasaan,serta pengawasan dengan peraturan sholat diantaranya siswa yang masbuq sholat jama’ah, rowatib dan lail diwajibkan membaca al-qur’an 10 menit setiap roka’at dan kelipatannya dengan berdiri didepan asrama setelah sholat shubuh. Siswa yang tidak mengikuti sholat jama’ah, di hukum thowaf tiga kali atau sholat dan membaca alqur’an didepan asrama. Sedangkan hasil dari penerapan peraturan sholat oleh pelaksanaan boarding school itu, siswa mempunyai rasa mengetahui, memahami, kedisiplinan serta tanggung jawab terhadap diri sendiri akan kebutuhan sholat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 19 Dec 2019 07:35
Last Modified: 19 Dec 2019 07:35
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item View Item