Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Bagi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Semen Kediri Tahun 2014-2015

Solikah, Anna Rohmatul (2015) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Bagi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Semen Kediri Tahun 2014-2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104511-prabab.pdf

Download (566kB)
[img] Text
932104511-bab1.pdf

Download (308kB)
[img] Text
932104511-bab2.pdf

Download (386kB)
[img] Text
932104511-bab3.pdf

Download (239kB)
[img] Text
932104511-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
932104511-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
932104511-bab6.pdf

Download (12kB)
[img] Text
932104511-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
932104511-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Motivasi belajar sangat penting dalam dunia pendidikan karena motivasi belajar adalah suatu dorongan yang muncul dari diri siswa melalui proses. Motivasi tidak akan muncul dengan sendirinya tanpa adanya upaya untuk menumbuhkanya. Motivasi belajar juga merupakan daya dorong bagi pencapaian tujuan pebelajaran. Oleh karena itu, upaya-upaya menumbuhkan motivasi belajar dalam diri siswa harus selalu dilakukan salah satunya adalah oleh para guru Pendidikan Agama Islam, karena guru adalah pihak yang selalu berinteraksi dengan siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Semen Kediri dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ? 2) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan motivasi belajar bagi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Semen Kediri? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan motivasi belajar bagi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Semen Kediri ? Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data: reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir yaitu pengecekan keabsahan data: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Semen masih kurang. 2) Mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan motivasi belajar kelas VIII di SMP Negeri 1 Semen yaitu melalui: a) Melakukan pembelajaran di Mushola b) Menggunakan media pembelajaran yang menarik c) Memberikan nasihat dan mengaitkan materi dengan kenyataan atau pengalaman siswa d) Membuat program khusus atau kegiatan khusus di rumah maupun disekolah 3) Faktor pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1Semen yaitu melalui: a) Fasilitas yang memadai, b) Adanya dukungan penuh dari pihak sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah a) Latar belakang keluarga yang berbeda b) Kurangnya kesadaran dari siswa sendiri untuk belajar Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 19 Dec 2019 07:13
Last Modified: 19 Dec 2019 07:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item