Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Kualitas Bacaan Siswa di SMAN 3 Kediri Tahun Pelajaran 20142015

Cahyaningsih, Cahyaningsih (2015) Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Kualitas Bacaan Siswa di SMAN 3 Kediri Tahun Pelajaran 20142015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104011-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932104011-bab1.pdf

Download (477kB)
[img] Text
932104011-bab2.pdf

Download (548kB)
[img] Text
932104011-bab3.pdf

Download (334kB)
[img] Text
932104011-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
932104011-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
932104011-bab6.pdf

Download (293kB)
[img] Text
932104011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
932104011-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)

Abstract

Salah satu aspek pendidikan agama yang kurang mendapat perhatian adalah pendidikan membaca Al-Qur'an. Pada umumnya orang tua lebih menitik beratkan pada pendidikan umum saja dan kurang memperhatikan pendidikan agama termasuk pendidikan membaca Al-Qur'an. Langkah awal yaitu dengan menjadikan pendidikan agama sebagai dasar dari pembaharuan dalam dunia pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Kualitas Bacaan Siswa di SMAN 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah strategi pembelajaran AlQur’an untuk meningkatkan kualitas tajwid siswa SMAN 3 Kediri tahun pelajaran 2014-2015, 2)Bagaimanakah strategi pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan kualitas tartil siswa SMAN 3 Kediri tahun pelajaran 2014-2015, 3) Bagaimanakah strategi pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan kelancaran bacaan siswa SMAN 3 Kediri tahun pelajaran 2014-2015. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus, dan lokasi penelitian di SMAN 3 Kediri. Adapun data yang didapatkan berasal dari hasil observasi dan hasil wawancara kepada kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan siswa. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelelitian ini adalah deskriptif yaitu dengan cara membuat gambaran yang sistematis dan faktual, dan analisisnya dilakukan dengan tiga cara, diantaranya adalah reduksi data atau penyederhanaan(data reduction), penyajian data atau paparan data (data display), dan terakhir adalah penarikan kesimpulan(conclusion verifiying). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa1) Strategi pembelajaran AlQur’an untuk meningkatkan kualitas tajwid siswa SMAN 3 Kediri tahun pelajaran 2014-2015adalah dengan diadakannya kegiatan BTQ, metodenya yaitu pertamasistem sorogan atau individu (privat). Kedua, klasikal individu, dan ketiga, klasikal baca simak. 2)Strategi pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan kualitas tartil siswa SMAN 3 Kediri tahun pelajaran 20142015adalah diadakannya kegiatan tilawah yaitu mengunakan metode drill, penugasan, serta praktik bacaan maupun tajwidnya.3) Strategi pembelajaran AlQur’an untuk meningkatkan kelancaran bacaan siswa SMAN 3 Kediri tahun pelajaran 2014-2015yaitu dengan diadakannya kegiatan tadarus yaitu dengan rutinan setiap hari jum’at, digilir per kelas, dan tadarus klasikal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 19 Dec 2019 00:58
Last Modified: 19 Dec 2019 00:58
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/949

Actions (login required)

View Item View Item