Upaya Guru Al-Qur’an Hadist dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik Di MTsN Mojoroto Kediri Tahun 2014/2015

Nurhamidah, Zulfita (2015) Upaya Guru Al-Qur’an Hadist dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik Di MTsN Mojoroto Kediri Tahun 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932103011-prabab.pdf

Download (466kB)
[img] Text
932103011-bab1.pdf

Download (471kB)
[img] Text
932103011-bab2.pdf

Download (663kB)
[img] Text
932103011-bab3.pdf

Download (264kB)
[img] Text
932103011-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
932103011-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
932103011-bab6.pdf

Download (209kB)
[img] Text
932103011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
932103011-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)

Abstract

Allah SWT menurunkan Al-Qur’an berfungsi sebagai pelajaran bagi manusia, pedoman hidup bagi setiap muslim, petunjuk bagi orang yang bertaqwa. Oleh karena itu, setiap muslim wajib mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Peran Guru dalam mengarahkan dan meningkatkan pendidikan sangat diperlukan dalam kelancaran dan meningkatkan keberhasilan belajar Baca Tulis Al-Qur’an. Masalah yang ingin diungkapkan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Peserta didik di MTsN Mojoroto, 2) Bagaimana Upaya Guru AlQur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik di MTsN Mojoroto Kediri? Dan 3) Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik di MTsN Mojoroto Kediri. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode interview, metode observasi dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan 1) kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an di MTsN Mojoroto Kediri, diantara : Kemampuan dalam melafalkan makhorijul huruf, membaca Al-Qur’an secara tartil, kemampuan dalam menulis huruf dengan dipisah dan disambung. 2) upaya yang dilakukan antara lain: adanya Memberikan jam tambahan, Mengadakan bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an di bulan Ramadhan, program pembiasaan, menggunakan metode yang bervariasi dan Guru bekerja sama dengan orang tua siswa untuk memotivasi belajar mengaji di pondok, masjid, mushola maupun TPQ, Sedangkan 3) faktor penghambat upaya meningkakan kemampuan membaca adalah: Pengaruh perkembangan teknologi seperti (HP, Internet dan Televisi), jam pelajaran AlQur’an Hadits terbatas, Kurang adanya minat dan motivasi siswa, Kurang adanya motivasi dan kesadaran dari pihak keluarga untuk belajar membaca Al-Qur’an, Cara bergaul siswa di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 18 Dec 2019 01:13
Last Modified: 18 Dec 2019 01:13
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/943

Actions (login required)

View Item View Item