Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Aktivitas Shalat Berjamaah Siswadi SMA Negeri 1 Grogol

Sa’adah, Ainiatus (2015) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Aktivitas Shalat Berjamaah Siswadi SMA Negeri 1 Grogol. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102911-prabab.pdf

Download (477kB)
[img] Text
932102911-bab1.pdf

Download (383kB)
[img] Text
932102911-bab2.pdf

Download (668kB)
[img] Text
932102911-bab3.pdf

Download (357kB)
[img] Text
932102911-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
932102911-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
932102911-bab6.pdf

Download (14kB)
[img] Text
932102911-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
932102911-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pendidikan agama Islam yang paling penting ditekannkan pada anak didik adalah ibadah, dan ibadah yang paling utama adalah ibadah shalat. Dan sejak pertama kali shalat disyariatkan, Rasulullah Saw Senantiasa melaksanakannya secara berjamaah. Shalat berjamaah adalah shalat yang dikerjakan secara bersama-sama, paling sedikit terdiri dari dua orang, yakni seorang menjadi imam dan yang lainnya menjadi makmum. Penelitian ini berfokus pada upaya guru PAI dalam meningkatkan aktivitas shalat berjamaah siswa. Untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan aktivitas shalat berjamaah siswa. Dan apa faktor-faktor penghambat serta pendukungnya. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 GROGOL. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Adapun tahapan dalam penelitian ini ada empat tahapan yaitu: “(1) tahap pra lapangan, (2) kegiatan lapangan, (3) analisis intensif, (4) tahap penulisan laporan Untuk melengkapi data-data yang diperlukan yang berkaitan dengan permasalahan yang ada, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui: (1) wawancara; (2) observasi; (3) dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Aktivitas Shalat Berjamaah Siswa di SMA Negeri 1 Grogol, yaitu a) Menyusun perencanaan; b) Pembiasaan. (2) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Keaktifan Aktivitas Shalat Berjamaah Siswa di SMA Negeri 1 Grogol, a) Memberikan Bimbingan; b) Memberikan Keteladanan; c) Memberi Hadiah (reward) dan Hukuman (punishment).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 18 Dec 2019 01:04
Last Modified: 18 Dec 2019 01:04
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item View Item