Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VII melalui penilaian portofolio di MTs Misriu Al-Hasan Kraton Mojo Kabupaten Kediri Tahun 2015

Firdaus, Ahmad Jihan (2015) Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VII melalui penilaian portofolio di MTs Misriu Al-Hasan Kraton Mojo Kabupaten Kediri Tahun 2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102411-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932102411-bab1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
932102411-bab2.pdf

Download (423kB)
[img] Text
932102411-bab3.pdf

Download (399kB)
[img] Text
932102411-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
932102411-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
932102411-bab6.pdf

Download (103kB)
[img] Text
932102411-DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
932102411-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)

Abstract

Prestasi belajar adalah “penilaian pendidikan tentang kemajuan murid dalam segala hal yang dipelajari disekolah yang menyangkut pengetahuan atau ketrampilan yang dinyatakan dalam hasil penilaian”. Penilaian portofolio adalah “sebagian kumpulan hasil belajar atau karya peserta didik yang menunjukkan usaha, perkembangan, prestasi belajar peserta didik dari waktu ke waktu pada mata pelajaran tertentu. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti tentang: Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VII melalui penilaian portofolio di MTs Misriu Al-Hasan Kraton Mojo Kabupaten Kediri Tahun 2015. Dengan fokus penelitian: 1. Bagaimana Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VII melalui penilaian portofolio di MTs Misriu Al-Hasan Kraton Mojo Kabupaten Kediri Tahun 2015 ? dan 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VII melalui penilaian portofolio di MTs Misriu Al-Hasan Kraton Mojo Kabupaten Kediri Tahun 2015 ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenisnya adalah studi kasus, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, paparan atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1. Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VII melalui penilaian portofolio di MTs Misriu Al-Hasan Kraton Mojo Kabupaten Kediri Tahun 2015 adalah: a) Menentukan penilaian yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), indikator, dan materi pokok yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. b) Menentukan tujuan penilaian portofolio. c) Menentukan isi portofolio. d) Menentukan criteria penilaian portofolio dan membedakan penilaian secara individu, kelompok kecil,, kelompok besar. e) Menentukan format penilaian ortofolio. 2. Faktor pendukung dan penghambat dari Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VII melalui penilaian portofolio di MTs Misriu Al-Hasan Kraton Mojo Kabupaten Kediri Tahun 2015 adalah: Faktor pendukungnya 1) Sumber Daya Manusia (SDM) dari pendidik yang bagus. 2) Tersedia sarana dan prasarana serta fasilitas yang lengkap berbasis teknologi. 3) Input siswa yang berkualitas. 4) Suasana kelas yang bersih dan nyaman. Faktor penghambatnya: 1) Adanya sebagian tenaga pendidik atau guru yang masih memakai tekhnik penilaian biasa (tradisional). 2) Adanya sebagian pendidik yang kurang memahami dalam penerapan tekhnik penilaian portofolio pada saat proses pembelajaran. 3) Terbatasnya tempat penyimpanan untuk menampung hasil tugas dari semua siswa. 4) Perlunya ketelitian dan harus selektif ketika menilai hasil tugas dari semua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 03 Dec 2019 03:00
Last Modified: 03 Dec 2019 03:00
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/902

Actions (login required)

View Item View Item