Model Pembelajaran bagi Peserta Didik Berkesulitan Belajar dalam Film “Taare Zameen Par”

Faizah, Ika (2015) Model Pembelajaran bagi Peserta Didik Berkesulitan Belajar dalam Film “Taare Zameen Par”. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102111-prabab.pdf

Download (844kB)
[img] Text
932102111-bab1.pdf

Download (642kB)
[img] Text
932102111-bab2.pdf

Download (416kB)
[img] Text
932102111-bab3.pdf

Download (344kB)
[img] Text
932102111-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
932102111-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
932102111-bab6.pdf

Download (99kB)
[img] Text
932102111-daftarpustaka.pdf

Download (216kB)
[img] Text
932102111-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)

Abstract

Film selain sebagai sarana hiburan, juga berfungsi sebagai media pendidikan yang efektif. Film Taare Zameen Par merupakan film yang layak dikaji karena jarang sekali ditemukan film yang bertemakan penanganan peserta didik berkesulitan belajar. Peserta didik berkesulitan belajar memiliki kecerdasan rata-rata atau bahkan di atas rata-rata, tetapi mengalami kesenjangan antara prestasi belajar dengan potensi yang dimiliki. Masalah kesulitan belajar ini mengakibatkan peserta didik mengalami hambatan dalam mengoptimalkan potensinya, maka peserta didik berkesulitan belajar harus mendapatkan penanganan yang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti merumuskan masalah: 1). Bagaimana perilaku peserta didik berkesulitan belajar dalam film Taare Zameen Par?. 2). Bagaimana dampak kesulitan belajar bagi peserta didik dalam film Taare Zameen Par?. 3). Bagaimana metode pembelajaran untuk membantu mengembangkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung peserta didik berkesulitan belajar dalam film Taare Zameen Par?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan untuk menganalisis datanya menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Perilaku peserta didik berkesulitan belajar dalam film Taare Zameen Par diantaranya prestasi belajar yang rendah, hasil yang dicapai tidak sesuai dengan usaha yang dilakukan, lambat dalam melakukan tugas belajar dan berangkat ke sekolah, menunjukkan sikap tidak peduli saat mengikuti pembelajaran, menunjukkan perilaku menyimpang, menunjukkan gejala emosional yang menyimpang, pemurung, mengalami gangguan persepsi visual, gangguan persepsi auditori, gangguan bahasa, gangguan perseptualmotorik, hiperaktivitas dan kekacauan. 2). Dampak kesulitan belajar bagi peserta didik dalam film Taare Zameen Par diantaranya pertumbuhan dan perkembangan anak terhambat, interaksi dengan lingkungan terganggu, frustasi, sulit berinteraksi dengan teman sebaya, sering menuding dirinya bodoh dan berbeda dengan yang lain, anak berkesulitan belajar menjadi malu, rendah diri dan menyendiri, menjadi sasaran kemarahan orangtua yang kecewa dan putus asa karena peserta didik sering gagal, kemampuan perseptual-motorik terhambat dan gangguan koordinasi dan disorientasi sehingga canggung dan kaku dalam gerakannya. 3). Metode pembelajaran untuk membantu mengembangkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung dalam film Taare Zameen Par antara lain metode selusur, metode bunyi/fonik, metode linguistik, metode Fernald/Multisensori, metode dikte, latihan penjumlahan dan pengurangan dan mendayagunakan objek/benda untuk membantu proses operasi hitung.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 03 Dec 2019 01:49
Last Modified: 03 Dec 2019 01:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item View Item