Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswi Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII Di MTs Ma’arif NU Blitar

Apriliani, Retno (2015) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswi Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII Di MTs Ma’arif NU Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102011-prabab.pdf

Download (578kB)
[img] Text
932102011-bab1.pdf

Download (533kB)
[img] Text
932102011-bab2.pdf

Download (611kB)
[img] Text
932102011-bab3.pdf

Download (339kB)
[img] Text
932102011-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[img] Text
932102011-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
932102011-bab6.pdf

Download (91kB)
[img] Text
932102011-DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (315kB)

Abstract

Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman. Dalam belajar terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi, baik faktor intern seperti kesehatan, kecerdasan, minat, bakat, motivasi, kematangan, kesiapan dan kedisiplinan dalam belajar, serta faktor ekstern seperti keluarga, masyarakat, guru, sarana dan prasarana sekolah. Perhatian orang tua adalah pemusatan tenaga psikis yang tertuju pada suatu objek, orang tua adalah, Ayah dan ibu kandung. Minat belajar adalah kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap proses perubahan tingkah laku sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa selama berlangsungnya proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Ma’arif NU Blitar? 2) Bagaimana pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Ma’arif NU Blitar? 3) Bagaimana pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Ma’arif NU Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Blitar yang berjumlah 164 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik Purposif Sampling dengan jumlah 82 siswi, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil yang didapat dari penelitian yaitu: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswi sebesar 12%. Persamaan yang didapat dari analisis regresi pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswi adalah Y = 91,649 + 0,091. X1. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswi sebesar 30.2%. Persamaan yang didapat dari analisis regresi pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswi adalah Y = 83,510 + 0,044. X2. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswi sebesar 21,3%. Persamaan regresi ganda yang dihasilkan adalah Y = 93,479 + 0,088 X1 + 0,015 X2.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 03 Dec 2019 01:42
Last Modified: 03 Dec 2019 01:42
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/898

Actions (login required)

View Item View Item