Implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Trensains Tebuireng Jombang

Fitriah, Shilfiyana (2015) Implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Trensains Tebuireng Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101411-PraBAB.pdf

Download (327kB)
[img] Text
932101411-bab1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
932101411-bab2.pdf

Download (385kB)
[img] Text
932101411-bab3.pdf

Download (243kB)
[img] Text
932101411-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
932101411-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
932101411-bab6.pdf

Download (14kB)
[img] Text
932101411-DaftarPustaka.pdf

Download (207kB)
[img] Text
932101411-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) dalam pengelolaan pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di Indonesia saat ini merupakan suatu upaya inovatif untuk menambah kekayaan pengelolaan pembelajaran yang selama ini hanya menggunakan sistem Paket. Melalui penerapan SKS dimungkinkan peserta didik dapat menyelesaikan program pendidikannya lebih cepat sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minatnya. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana konsep dasar penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Trensains Tebuireng Jombang? 2) Bagaimana pelaksanaan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Trensains Tebuireng Jombang? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui konsep dasar penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Trensains Tebuireng Jombang. 2) untuk mengetahui pelaksanaan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Trensains Tebuireng Jombang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data penelitian. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi, tahap-tahap penelitian melalui tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan penelitian, dan tahap akhir penelitian. Dalam hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa konsep dasar penyelenggaraan SKS di SMA Trensains adalah: a) memberikan kemudahan kepada peserta didik untuk menentukan sendiri beban belajarnya, b) untuk menyiasati banyaknya mata pelajaran yang ditempuh peserta didik. Sedangkan pelaksanaan SKS adalah: a) Kurikulum yang digunakan yakni kurikulum yang mengadopsi dan adaptasi dari kurikulum 2013, cambridge curriculum, dan kurikulum kearifan pesantren yang dipadukan menjadi kurikulum semesta yang mengacu pada pembelajaran agama dan sains, b) beban belajar yang ditempuh peserta didik minimal 24 SKS dan maksimal 36 SKS tiap semester, minimal yang ditempuh untuk keseluruhan 158 SKS dan maksimal 166 SKS, c) penilaian SKS meliputi aspek kognitif, psikomotorik dan afektif, d) Indeks Prestasi yang ditempuh IP < 2.66 24 SKS, 2.66-3.32 28 SKS, 3.33-3.65 32 SKS dan IP>3.65 36 SKS, e) kelulusan peserta didik apabila beban belajar telah tuntas, lulus ujian nasional, ujian sekolah, IPK minimal 2.66, menyelesaikan tugas karya tulis ilmiah dan berperilaku baik f) pelayanan bagi yang belum tuntas beban belajarnya ada program semester pendek dan program klinik. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu: a) adanya pakar ahli bidang kurikulum dan pembelajaran dari dekan UNESA, b) memiliki konsultan ahli bidang materi dari dosen ITS. Faktor penghambatnya yakni gedung masih dalam tahap pembangunan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 02 Dec 2019 06:20
Last Modified: 02 Dec 2019 06:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/894

Actions (login required)

View Item View Item