Strategi Guru Dalam Mendidik Anak Tunagrahita Pada Mata Pelajaran PAI di SMPLBN Kota Blitar

Faizah, Isna Nasrotul (2015) Strategi Guru Dalam Mendidik Anak Tunagrahita Pada Mata Pelajaran PAI di SMPLBN Kota Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101011-prabab.pdf

Download (456kB)
[img] Text
932101011-bab1.pdf

Download (221kB)
[img] Text
932101011-bab2.pdf

Download (414kB)
[img] Text
932101011-bab3.pdf

Download (252kB)
[img] Text
932101011-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
932101011-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
932101011-bab6.pdf

Download (199kB)
[img] Text
932101011-daftar pustaka.pdf

Download (95kB)
[img] Text
932101011-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] Text
932101011-RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (17kB)

Abstract

Pendidikan agama Islam memiliki kontribusi yang besar bagi perkembangan mental spiritual anak didik, tak terkecuali anakt unagrahita. Oleh sebab itu, pembelajaran PAI di SMPLB Negeri Kota Blitar mengupayakan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam agar proses transformasi nilai-nilai agama Islam menjadi lebih mudah diterima oleh siswa tunagrahita. Adapun Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan anak tunagrahita dalam memahami materi pada mata pelajaran PAI? 2) Bagaimana strategi yang dilakukan guru dalam mendidik anak tunagrahita pada mata pelajaran PAI? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui kemampuan anak tunagrahita dalam memahami materi pada mata pelajaran PAI 2) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru dalam mendidik anak tunagrahita pada mata pelajaran PAI. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data penelitian. Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi, tahap-tahap penelitian melalui tahap pra-lapangan, tahap pelaksanaan penelitian, dan tahap akhir penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa tunagrahita SMPLB Negeri Kota Blitar kemampuan akademik dalam memahami materi Pendidikan Agama Islam sama dengan siswa tunagrahita pada umumnya, namun disana mereka diupayakan untuk dididik dan dibekali ketrampilan semaksimal mungkin dengan berbagai cara sehingga mereka mampu mengembangkan kemampuan yang dimiliki, antara lain dengan dilatih rabbana, mewajibkan sholat berjama’ah di sekolah, serta hafalan surat-surat pendek. Di SMPLB Negeri Kota Blitar terdiri dari tunagrahita ringan dan sedang. Strategi yang dilakukan guru untuk mendidik siswatunagrahita di SMPLB Negeri Kota Blitar telah sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku, dengan menggunakan Pembelajaran Individual, menyederhanakan materi pembelajaran, serta melakukan pendekatan-pendekatan khusus antara lain dengan pembiasaan dan pendekatan fungsional. Dengan hasil penelitian sebagaimana diuraikan di atas, maka beberapa saran yangdapat disampaikan oleh penulis adalah: 1) Penambahan personil guru yang berlatar belakang psikologi untuk menunjang pendidikan anak berkebutuhan khusus seperti anak tunagrahita. 2) Peningkatan sarana dan prasarana yang lebih edukatif, variatif dan secara kuantitas mencukupi. 3) Jam belajar untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam agar ditambah. 4) Meningkatkan kerja sama dan komunikasi antar guru, tenaga kependidikan, keluarga siswa dan lingkungan agar pencapaian tujuan pendidikan agama islam dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 19 Nov 2019 02:59
Last Modified: 19 Nov 2019 02:59
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/892

Actions (login required)

View Item View Item