Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Siswa Berbudaya Religius di SMA Negeri 8 Kediri

Syakir, Agus (2015) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Siswa Berbudaya Religius di SMA Negeri 8 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92100512002-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92100512002-bab1.pdf

Download (490kB)
[img] Text
92100512002-bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92100512002-bab3.pdf

Download (583kB)
[img] Text
92100512002-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text
92100512002-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[img] Text
92100512002-bab6.pdf

Download (321kB)
[img] Text
92100512002-DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (427kB)
[img] Text
92100512002-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Budaya religius lembaga pendidikan merupakan upaya terwujudnya nilai-nilai ajaran agama sebagai tradisi dalam berperilaku dan budaya organisasi yang diikuti oleh seluruh warga di lembaga pendidikan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Kediri, sekolah ini telah ada usaha untuk melakukan penerapan nilai-nilai Pedidikan Agama Islam kepada siswanya, dengan melaksanakan pendidikan Agama Islam yang terintegrasi dengan pendidikan karakter dan budaya bangsa yang telah diinstruksikan oleh menteri pendidikan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana internalisasi nilai Iman dalam membentuk siswa berbudaya religius di SMA Negeri 8 Kediri? 2)Bagaimana internalisasi nilai Syari’ah dalam membentuk siswa berbudaya religius di SMA Negeri 8 Kediri? 3) Bagaimana internalisasi nilai Akhlak dalam membentuk siswa berbudaya religius di SMA Negeri 8 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis melalui rancangan studi kasus. metode pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode wawancara, metode dokumentasi dan metode observasi. penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan induktif, metode deskriptif yaitu berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristwa yang terjadi pada saat penelitian. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa 1) Internalisasi nilai iman dalam membentuk siswa berbudaya religius di SMAN 8 Kediri adalah menanamkan kepada peserta didik tentang nilai-nilai iman pada setiap proses belajar mengajar dengan stuktur kurikulum yang telah didesain untuk menanamkan keimanan dan ketakwaan, melalui FORIS (Forum Remaja Islam) dengan dilakukan secara terencana, sistematis dan terukur melalui program sekolah. 2) Internalisasi nilai syari’ah melalui kegiatan ubudiyah seperti sholat berjamaah, sholawat banjari, baca yasin, baca al-Qur’an, ziaroh ke makam auliya’, kegiatan PHBI, pondok romadhon dengan tujuan agar siswa mampu memamahi, menghayati dan mengamalkan ajaran Agama Islam secara baik dan benar. Serta kegiatan muamalah yaitu zakat fitrah dan pembagian daging qurban. Guru PAI memberi suri tauladan yang baik bagi para siswa. 3). Internalisasi nilai akhlak: para guru mengintegrasikan nilai akhlak pada kegiatan belajar mengajar di kelas. Membudayakan senyum, salam sapa, sopan dan santun dalam keseharian sehingga kebiasaan ini menjadi budaya religius yang sudah menyatu dalam interaksi siswa di SMA Negeri 8 Kediri. ditambah dengan pembelajaran kitab kuning Sullamu Taufiq dan Bidayah sehingga siswa dapat berprilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 14 Nov 2019 04:01
Last Modified: 14 Nov 2019 04:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item View Item