Pengaruh Dakwah Kesenian Al-Banjari Terhadap Perilaku Keagamaan Murid MTs Plus Madinatul Mubtadi-Ien Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri

Kristi, Rika Yulia (2015) Pengaruh Dakwah Kesenian Al-Banjari Terhadap Perilaku Keagamaan Murid MTs Plus Madinatul Mubtadi-Ien Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933501310-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933501310-bab1.pdf

Download (424kB)
[img] Text
933501310-bab2.pdf

Download (641kB)
[img] Text
933501310-bab3.pdf

Download (283kB)
[img] Text
933501310-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
933501310-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
933501310-bab6.pdf

Download (207kB)
[img] Text
933501310-DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
933501310-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dakwah kesenian Al-banjari adalah cara menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya yang menggunakan kesenian musik hadrah Al-banjari. Seperti pelaksanaan ekstra Al-banjari di MTs Plus Madinatul Mubtadi-Ien Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, dapat menjadikan siswa-siswinya lebih baik dalam hal akhlak, budi pakerti, dan juga syari’ah yang dimiliki masing-masing siswa. Perilaku keagamaan adalah tinggi rendahnya pengetahuan keagamaan yang dilihat dari tingkat kesalehan dan tidak salehnya siswa-siswi yang diukur dari keyakinannya, praktek agama, pengamalan, pengetahuan keagamaan, pengalaman. Hadrah Al-banjari sangat berpengaruh pada perilaku keagamaan sebab dengan bersholawat seseorang akan merasa hatinya tenang dan merasakan kedamaian di dalam hatinya, dengan hal itu siswa – siswi, tanpa adanya paksaan akan meningkatkan keagamaannya untuk lebih dekat lagi dengan Allah SWT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dakwah kesenian al-banjari terhadap perilaku keagamaan murid MTs Plus Madinatul Mubtadi-Ien Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode survey, populasinya sebanyak 74 siswa – siswi. Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara, pengamatan, dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala dakwah kesenian Al-banjari yang meliputi: dakwah yang mengandung muatan akidah, dakwah yang mengandung muatan syari’ah, dakwah yang mengandung budi pekerti atau akhlakul karimah. Skala perilaku keagamaan, yang meliputi: keyakinan, praktek agama, pengamalan, pengetahuan keagamaan, pengalaman. Peneliti menganalisis data mengunakan rumus Regresi Linier dengan bantuan SPSS 16.0 For Windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh temuan: (1) Dakwah kesenian Al-banjari MTs Plus Madinatul Mubtadi-Ien Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri tergolong sedang, hal ini diperoleh dari True Score dengan mean 52,34 dikategorikan sangat tinggi, dilanjutkan dengan diagram pie 41% diperoleh sedang. (2) perilaku keagamaan MTs Plus Madinatul Mubtadi-Ien Desa Badal Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri tergolong sedang, hal ini diperoleh dari True Score dengan mean 76,93 dikategorikan tinggi, dilanjutkan dengan diagram Pie 33% diperoleh sedang. (3) Dari uji hipotesis menggunakan rumus Regresi Linier dengan bantuan SPSS 16.0 For Windows diperoleh koefisient determinasi sebesar 0,036, yang menunjukkan terdapat pengaruh antara dakwah kesenian Al-banjari dengan perilaku keagamaan dan 64% dipengaruhi faktor lain, seperti pelajaran keagamaan, dan ekstra keagamaan lainnya yang ada di sekolah MTs Plus Madinatul Mubtadi-Ien.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 13 Nov 2019 07:50
Last Modified: 13 Nov 2019 07:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item