Strategi Pemasaran Perusahaan Tenun Ikat Medali Emas Kota Kediri DiTinjau Dari Etika Bisnis Islam

Marpuah, Marpuah (2015) Strategi Pemasaran Perusahaan Tenun Ikat Medali Emas Kota Kediri DiTinjau Dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931306309-prabab.pdf

Download (543kB)
[img] Text
931306309-Bab1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
931306309-Lampiran (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah sarangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberikan arah kepada usaha – usaha pemasaran perusahaan, pada masing – masing tingkat dan acuan serta alokasinya, terutama sebagai anggapan dalam menghadapi persaingan yang selalu berubah. Untuk mengetahui potensi ekonomi usaha tenun ikat, dapat dilihat dari strategi pemasarannya, semakin bagus tingkat strategi pemasarannya maka semakin tinggi nilai ekonomisnya. Dalam prosesnya, usaha ini tidaklah berjalan dengan lancar, ada pasang surut yang di alami usaha tenun ikat medali mas. Meskipun demikian, perusahaan tenun ikat terus berproduksi dan setiap tahunnya mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Hal ini menjadi menarik untuk dikaji mengingat perusahaan telah mengalami pasang surut namun sampai saat ini masih tetap berkembang. Ditinjau dari etika bisnis Islam, apakah strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan tenun ikat medali mas sudah sesuai atau belum. Dengan demikian yang menjadi fokus masalah yang dapat diambil adalah bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan UD. Medali Mas dan Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan UD. Medali Mas ditinjau dari etika bisnis Islam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penulis menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan faktual serta analisisnya dilakukan melalui tiga jalur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan teknik perpanjangan waktu keikutsertaan penelitian, triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian, (1) Strategi pemasaran yang dilakukan UD. Medali Mas sebagai berikut: a) Produk, adanya banyak fariasi agar dapat menarik konsumen secara luas. b) Harga, sudah sesuai dengan kualitas dan faktor-fakto yang mempengaruhi penetapan harga. c) promosi: pemasaran langsung, publikasi, komunikasi dari mulut ke mulut. d) Distribusi atau lokasi, menggunakan distribusi langsung dari produsen ke konsumen atau personal selling. (2) Strategi pemasaran UD. Medali Mas ditinjau dari etika bisnis Islam, sebagai berikut: a) Produk, adanya kejujuran: yakni bahan dasar dan warna tekstil yang digunakan halal untuk digunakan. b) Harga, sesuai yang telah ditetapkan oleh pemerintah. c) Promosi, tidak adanya penipuan dan tidak melebih – lebihkan dalam promosi serta tidak adanya sumpah. d) distribusi dan lokasi, lokasi mudah dijangkau dalam pendistribusiannya tidak ada pihak – pihak yang dirugikan karena adanya trasparansi dan kesepakatan antar pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 12 Nov 2019 08:00
Last Modified: 12 Nov 2019 08:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item View Item