Pemberitaan Fatwa MUI Tentang Atribut Keagamaan Non-Muslim Di Detik.com dan Republika.co.id

Ahmat, Abu Bakar (2017) Pemberitaan Fatwa MUI Tentang Atribut Keagamaan Non-Muslim Di Detik.com dan Republika.co.id. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1 HALAMAN JUDUL_3 PRA BAB (KATA PENGANTAR, DST).pdf

Download (387kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (407kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (105kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
9 BAB VI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
11 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Praktik jurnalistik masa kini telah memanfaatkan media online atau internet sebagai sarana penyebarluasan informasi. Di penghujung tahun 2016, masyarakat dihebohkan dengan banyaknya pemberitaan media online yang menyoroti isu-isu agama. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana framing yang dilakukan media online Detik.com dan Republika.co.id yang memberitakan soal “Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 56 tahun 2016 tentang hukum memakai atribut non-Muslim”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis framing dilakukan dengan menggunakan model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa framing yang dilakukan Detik.com dan Republika.co.id terhadap fatwa MUI nomor 56 tahun 2016 sangat dipengaruhi oleh ideologi dan nilai-nilai yang hendak diperjuangkan media. Detik.com masih menunjukkan usaha untuk objektif dalam melakukan pemberitaan, sementara Republika.co.id yang merupakan media yang berideologi Islam tampak sangat mendukung fatwa MUI di setiap berita yang disajikannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 26 Dec 2018 09:53
Last Modified: 26 Dec 2018 09:53
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/84

Actions (login required)

View Item View Item