Konsep Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran pada Kisah Nabi Ibrahim as. (Telaah QS. al-An'am ayat 75-79)

Hidayah, Ila Afni (2015) Konsep Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran pada Kisah Nabi Ibrahim as. (Telaah QS. al-An'am ayat 75-79). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100611-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932100611-bab1.pdf

Download (519kB)
[img] Text
932100611-bab2.pdf

Download (248kB)
[img] Text
932100611-bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text
932100611-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
932100611-bab5.pdf

Download (203kB)
[img] Text
932100611-DaftarPustaka.pdf

Download (309kB)
[img] Text
932100611-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)

Abstract

Pendekatan saintifik dalam pembelajaran merupakan sebuah pendekatan yang baru dikenal sejak diadakannya kurikulum 2013. Langkah-langkah pembelajarannya, dimulai dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan yang terakhir mengkomunikasikan. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik menjadikan peserta didik lebih aktif dan mandiri dalam menyelesaikan masalah. Sementara itu, Allah swt. menurunkan al-Qur’an sebagai petunjuk umat manusia dalam menyelesaikan pelbagai masalah kehidupan. Pada QS. al-An'am ayat 75-79 Allah menunjukkan kerajaan-Nya pada Nabi Ibrahim agar beliau menjadi orang yang yakin. Pada saat tersebutlah terjadi proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Oleh karena itu, fokus penelitian ini adalah bagaimana konsep pendekatan saintifik dalam pembelajaran, bagaimana kisah Nabi Ibrahim, dan bagaimana konsep pendekatan saintifik dalam pembelajaran pada kisah Nabi Ibrahim. Penelitian ini merupakan studi ayat yang mendasarkan datanya pada kajian pustaka (library research) yang dilakukan dengan cara dokumentasi, yaitu mengumpulkan data dengan mencari dan mentelaah data kualitatif yang sesuai dengan tema dari sumber data primer dan sekunder. Analisa data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis dengan metode tahlili, yakni metode tafsir yang berusaha menguraikan al-Qur'an secara detail. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) Konsep dari pendekatan saintifik dalam pembelajaran yang harus merujuk pada teknik-teknik investigasi terhadap beberapa fenomena. Tujuan pembelajaran haruslah menjadikan peserta didik lebih tajam dalam berfikir. Langkah-langkah pembelajaran dimulai dengan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan yang terakhir menkomunikasikan. (2) QS. al-An'am ayat 75-79 bermula dari Allah yang menunjukkan malaku>tus sama>wa>ti kepada Nabi Ibrahim agar beliau menjadi al-mu>qini<n. Ceritanya, Nabi Ibrahim melihat bintang lalu berkata "Inilah Tuhanku", tetapi bintang tenggelam, beliau pun menyatakan tidak suka. Lalu, beliau melihat bulan dan berkata "Inilah Tuhanku." Tetapi bulan terbenam, beliau berkata "Sesungguhnya jika Tuhanku tidak memberi petunjuk kepadaku, pastilah aku termasuk orang yang sesat." Terakhir, beliau melihat matahari dan berkata "Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar." Tapi, matahari terbenam dan beliau menyatakan kesesatan kaumnya. (3) Adapun konsep pendekatan saintifik pada kisah Nabi Ibrahim di atas adalah fenomena yang diamati adalah ditunjukkannya malaku>tus sama>wa>ti kepada Nabi Ibrahim dan tujuan pembelajaran telah disebutkan pula dalam ayat 75, yakni agar Nabi Ibrahim menjadi al-Mu>qini<n. Dengan demikian, kisah Nabi Ibrahim yang terdapat dalam QS. al-An'am ayat 7579 telah sesuai dengan konsep pembelajaran dengan pendekatan saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 07 Nov 2019 00:47
Last Modified: 07 Nov 2019 00:47
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/834

Actions (login required)

View Item View Item