Upaya guru agama islam Dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Pada mata pelajaran pendidikan agama islam (pai) Di smk negeri 2 kediri

Umam, A.Syifaul (2015) Upaya guru agama islam Dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Pada mata pelajaran pendidikan agama islam (pai) Di smk negeri 2 kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932115711-halaman judul.pdf

Download (26kB)
[img] Text
932115711-Halaman Persetujuan.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
932115711-BAB II.pdf

Download (695kB)
[img] Text
932115711-BAB III.pdf

Download (321kB)
[img] Text
932115711-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932115711-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
932115711-BAB VI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
932115711-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
932115711-lembar bimbingan.pdf

Download (107kB)
[img] Text
932115711-lembar penguji.pdf

Download (94kB)

Abstract

Guru merupakan komponen penting dalam pendidikan formal. Seorang guru memiliki tanggung jawab yang besar dalam proses belajar mengajar. Guru tidak semata-mata mentransfer ilmu pengetahuan saja, tetapi juga sebagai pendidik dan pembimbing yang memberikan pengarahan dan menuntun siswa dalam belajar. Pengarahan di sini dapat berupa memberi motivasi kepada siswa, karena dalam proses belajar mengajar motivasi memegang peranan penting untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini sebagaimana di SMK Negeri 2 Kediri yang merupakan salah satu SMK favorit di kota Kediri, yang siswa-siswinya mempunyai motivasi belajar yang tinggi, terutama pada mata pelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat selama proses KBM, yang mana siswa selalu aktif mencari materi pelajaran PAI sebelum materi itu disampaikan oleh gurunya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 2 Kediri dan mengetahui faktor-faktor yang membantu dan menghambat guru agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 2 Kediri. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, dan dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan interview/wawancara. Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian ini adalah: 1) Upaya guru agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 2 Kediri yaitu: memberikan nilai, memberikan pujian, memberikan tugas, memberikan ulangan, praktek, menyampaikan hasil belajar siswa, hukuman yang bersifat mendidik, dan humor dalam pembelajaran. 2) Faktor-faktor yang dapat membantu guru agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 2 Kediri ialah kebijakan sekolah, adanya kegiatan kerohanian Islam dan adanya cita-cita dalam diri siswa untuk memperoleh prestasi. 3) Faktor-faktor yang menghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 2 Kediri antara lain tidak fokus pada pelajaran, pengaruh pacaran, dan kondisi orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 06 Nov 2019 02:13
Last Modified: 06 Nov 2019 02:13
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item View Item