Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa di MTs Negeri 1 Kota Kediri

Fauzi, Okta Adhika (2018) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa di MTs Negeri 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932119813-prabab.pdf

Download (443kB)
[img] Text
932119813-bab1.pdf

Download (430kB)
[img] Text
932119813-bab2.pdf

Download (419kB)
[img] Text
932119813-bab3.pdf

Download (363kB)
[img] Text
932119813-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
932119813-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
932119813-bab6.pdf

Download (312kB)
[img] Text
932119813-DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text
932119813-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran di sekolah, peran guru dalam kegiatan pembelajaran di sekolah sangat tinggi. Peran guru tersebut terkait dengan peranannya kepada siswa dalam hal belajar maupun dalam hal kepribadiannya. Adanya gejala membolos sekolah, malas belajar, senda gurau ketika guru menjelaskan bahan ajar misalnya, merupakan ketidaksadaran siswa tentang belajar. Guru harus menyadari bahwa pekerjaannya mempunyai tiga fungsi utama, yaitu (1) menumbuhkan kreativitas, (2) menanamkan nilai, dan (3) mengembangkan kemampuan produktif. Fungsi tersebut menunjukkan bahwa perilaku pendidik dalam mengajar bukanlah perilaku yang bebas, melainkan perilaku yang diatur dan dikendalikan oleh norma-norma pendidikan yang berciri khas agama Islam. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat pada era global saat ini terasa sekali pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan. Melihat fenomena yang ada sekarang, banyak kita dapati tingkah laku remaja yang bertentangan dengan norma-norma ajaran agama Islam, seperti mabuk-mabukan, perkelahian, perkosaan, bahkan sudah ada yang menjurus kearah pembunuhan, mengakibatkan para orang tua mengalami kebingungan dalam mendidik anak-anaknya. Diperlukan adanya pembinaan yang khusus yang dapat memberikan sentuhan yang membangkitkan semangat remaja dalam segala bidang. Tanpa adanya pembinaan tesebut maka sulit cita-cita bangsa akan tercapai, khususnya manusia yang bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan metode pengamatan (Observasi), Wawancara (interview), dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa terdapat nilai-nilai religiusitas yang diajarkan di MTs N 1 Kota Kediri yaitu nilai istiqomah, nilai kebersamaan, nilai semangat, nilai ikhlas, nilai kepribadian, nilai ketaatan, serta nilai kepedulian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 15 Oct 2019 06:48
Last Modified: 15 Oct 2019 06:48
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/765

Actions (login required)

View Item View Item