Hubungan Suami Istri dalam Kehidupan Berumah Tangga Perspektif Tafsi>r Al-Mis}ba>h}

Huda, Nailul Marrotul (2018) Hubungan Suami Istri dalam Kehidupan Berumah Tangga Perspektif Tafsi>r Al-Mis}ba>h}. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933300214-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933300214-fullbab.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933300214-lampiran.pdf

Download (290kB)

Abstract

Kitab suci al-Qur’an adalah mukjizat Islam yang kekal dan mukjizatnya selalu diperkuat oleh kemajuan ilmu pengetahuan. Penafsiran ayat-ayat al-Qur’an telah dimulai sejak al-Qur’an disampaikan Nabi Muhammad SAW kepada ummatnya. Hal ini merupakan suatu kenyataan sejarah yang tidak dapat dibantah oleh siapapun, termasuk sejarawan Barat dan Timur baik muslim maupun nonmuslim. Al-Qur’an berbicara mengenai banyak persoalan, salah satu diantaranya adalah hubungan suami istri dalam kehidupan berumah tangga. Ada beberapa ayat yang menjelaskan tentang fungsi suami istri, serta hak dan kewajiban suami dalam kehidupan berumah tangga. Diantaranya adalah di dalam surah al-Baqarah, surah an-Nisa’, surah al-A’ra>f, surah al-Mu’minu>n, surah ar-Ru>m dan surah at-T}ala>q. Di dalam menafsirkan ayat-ayat di atas, penulis menggunakan kitab Tafs}i>r Al-Mis}ba>h} karya M. Quraish Shihab, karena dari segi kebahasaan dan penafsirannya yang sangat jelas. Sehingga memudahkan pembaca untuk memahami makna dari penafsiran M. Quraish Shihab tersebut. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana seorang tokoh M. Quraish Shihab dalam mengemukakan pendapatnya tentang hubungan suami dalam kehidupan berumah tangga. Dimulai dari pemberian mahar terhadap istri, membimbing istri untuk terus berada pada ajaran yang benar, hingga hak-hak dan kewajiban bersama suami istri. Dengan demikian, terciptalah rumah tangga yang diinginkan yaitu sakinah mawaddah warahmah. Demi terlaksananya penelitian ini, penulis menggunakan metode penafsiran Tafs}i>r Maudhu>iy, yaitu sebuah metode penafsiran al-Qur’an yang mengedepankan tema-tema yang sama kemudian dikaji bersama untuk menghasilkan suatu pemahaman yang diinginkan, dan metode library research, dimana semua data dalam penelitian ini diperoleh dari bahan tertulis yang telah ada sebelumnya. Dalam hal ini penulis berusaha mengungkap bagaimana seorang tokoh M. Quraish Shihab dalam menafsirkan ayat-ayat yang berkaitan dengan hubungan suami istri dalam kehidupan berumah tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012814 Mutual Responsibility (Husband-Wife)
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 08 Oct 2019 01:52
Last Modified: 08 Oct 2019 01:52
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item View Item