Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk Tahun 2018

Hidaayah, Mamluu Atul (2018) Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk Tahun 2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932116614-jurnal.pdf

Download (140kB)
[img] Text
932116614-full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dengan makin pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta media masa yang mana merupakan salah satu penyampaian sumber informasi yang dapat mempengaruhi akhlak manusia, sehingga tingkah laku siswa yang ada disekolah mengakibatkan adanya perubahan-perubahan yang sangat cepat terhadap kepribadian siswa tersebut. Dengan begitu hendaknya seorang guru harus mempunyai metode yang jitu yang dapat digunakan untuk menyampaikan ilmunya kepada peserta didik agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari strategi guru aqidah akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi guru aqidah akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari strategi guru aqidah akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar alami, peneliti sebagai instrumen kunci, dan penelitiannya bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, di mana ketiga komponen tersebut merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Untuk analisis datanya penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dipeoleh kesimpulan bahwa: (1) Strategi yang digunakan guru aqidah akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk yaitu dengan melalui metode teladan dan contoh, metode ceramah, metode nasehat dan hukuman, metode diskusi, metode anjuran, dan metode pemberian tugas. (2) Faktor pendukung strategi guru aqidah akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Nganjuk yaitu dengan memberikan matei yang berbau keagamaan dan pemberian contoh yang baik, mengundang tokoh-tokoh agama untuk memberikan siraman rohani pada saat acara keagamaan, adanya dukungan dan motivasi keluarga, pembeian ekstrakurikuler untuk meningkatkan penanaman moral, serta diadakan shalat berjamaah untuk membentuk kerukunan antar siswa dan guru. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: masih banyak siswa yang berasal dari tamatan SMP dari keluarga yang minim tentang pengetahuan agama, adanya tayangan televisi (sinetron) yang berdampak buruk pada anak, banyak siswa yang tamatan, dan banyak anak laki-laki yang masih bermain play station ketika siswa tersebut masih belajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 07 Oct 2019 06:41
Last Modified: 07 Oct 2019 06:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item View Item