Peran Ekstrakurikuler Sie Kerohanian Islam (SKI) Dalam Meningkatkan Keberagamaan Siswa Muslim SMA Negeri 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018

Aisah, Siti (2018) Peran Ekstrakurikuler Sie Kerohanian Islam (SKI) Dalam Meningkatkan Keberagamaan Siswa Muslim SMA Negeri 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932114614-jurnal.pdf

Download (437kB)
[img] Text
932114614-fullbab.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam sangatlah berperan penting untuk mengatasi banyaknya perilaku remaja yang menyimpang dari nilai-nilai keIslaman. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih belum efektif. Pembelajaran Agama Islam pada tingkat SMA sebanyak 2 jam/minggu, hal ini menyebabkan siswa-siswi SMA kurang begitu memahami ajaran agama Islam secara lebih mendalam. Dengan alokasi waktu seperti itu, jelas tidak mungkin untuk membekali siswa dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan agama yang memadai. Oleh karena itu, harus dilakukan strategi alternatif dalam memenuhi kebutuhan siswa akan pendidikan agama di sekolah umum, antara lain melalui kegiatan ekstrakurikuler berbasis kerohanian. Adapun ekstrakurikuler Sie Kerohanian Islam yang ada di SMA Negeri 1 Kediri merupakan ekstrakurikuler yang terlihat lebih aktif dan mempunyai banyak kegiatan keagamaan. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai peran ekstrakurikuler Sie kerohanian Islam dalam meningkatkan keberagamaan siswa muslim SMA Negeri 1 Kediri dengan fokus penelitian diantaranya yaitu : 1) Apa saja kegiatan ekstrakurikuler Sie Kerohanian Islam di SMA Negeri 1 Kediri. 2) Bagaimana Keberagamaan siswa SMA Negeri 1 Kediri. 3) Bagaimana peran ekstrakurikuler Sie Kerohanian Islam dalam Meningkatkan Keberagamaan Siswa SMA Negeri 1 Kediri. Penulisan skripsi ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci, dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga, atau gejala tertentu. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket dalam skala likert. Adapun teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan Ekstrakurikuler Sie Kerohanian Islam meliputi: kegiatan harian yang terdiri dari (shalat dhuha, shalat dhuhur berjama’ah, infaq, kantin kejujuran, dan pembenahan inventaris Masjid SMA Negeri 1 Kediri). Kegiatan dakwah terdiri dari (mentoring, kajian keIslaman, dan tadarus Al-Qur’an,). Kegiatan seni Islam terdiri dari (banjari/rebana Islam). Kegiatan peringatan hari besar Islam terdiri dari (Isro’ Mi’roj, Maulid Nabi, 1 Muharram, pondok ramadhan, dan Idhul Adha). 2) Keberagamaan siswa muslim SMA Negeri 1 Kediri tergolong tinggi. Berdasarkan hasil angket yang telah peneliti berikan kepada siswa SMA Negeri 1 Kediri menyatakan bahwa prosentase keberagamaan siswa mencapai 82,7%. 3) Peran Ekstrakurikuler sie kerohanian Islam yang dijalankan dalam meningkatkan keberagamaan siswa adalah sebagai fasilitator. Ekstrakurikuler sie kerohanian Islam merupakan wadah yang dapat memfasilitasi siswa dalam meningkatkan keberagamaan siswa dengan melalui kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di dalam program kerja sie kerohanian Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 07 Oct 2019 04:36
Last Modified: 07 Oct 2019 04:36
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/736

Actions (login required)

View Item View Item