Strategi Penghimpunan dan Distribusi Wakaf di Baitul Maal Hidayatullah Kediri Ditinjau Dari Proses Manajemen Syariah

Triana, Triana (2017) Strategi Penghimpunan dan Distribusi Wakaf di Baitul Maal Hidayatullah Kediri Ditinjau Dari Proses Manajemen Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER_DAFTAR TABEL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP_Lampiran 12.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)

Abstract

Strategi penghimpunan merupakan cara yang dilakukan oleh lembaga amil zakat BMH Kediri untuk menarik dana wakaf dari donatur. Wakaf memiliki potensi yang cukup besar dalam rangka membangun peradaban Islam dan ikut andil dalam upaya membangun kesejahteraan serta perekonomian masyarakat. Dari tahun 2012 hingga 2016 penerimaan wakaf di BMH Kediri mengalami kenaikan yang cukup signifikan, sedangkan melihat kenyataan pada saat ini kesadaran masyarakat untuk wakaf masih kurang yaitu bersifat tradisional sebatas wakaf tanah, mushola, dan masjid. Menghimpun dana wakaf dari masyarakat diperlukan menejemen penghimpunan yang baik dan profesional. Mulai dari perencanaan penghimpunan, pengelolaan, tindakan menghimpun dana wakaf hingga melakukan evaluasi atas kegiatan penghimpunan yang telah dilakukan. Untuk pengalokasian dana wakaf yang telah diterima oleh BMH Kediri ini dialokasikan ke Pondok Ar – Risalah Hidayatullah Kediri. Dengan melihat real alokasi dana wakaf yang di lakukan oleh BMH Kediri, maka ini dapat meningkatkan kepercayaan para donatur, sehingga dapat meningkatkan penerimaan wakaf di BMH Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif - kualitatif, yaitu metode penelitian yang datanya dinyatakan dalam bentuk kata – kata atau kalimat. Penelitian ini menggambarkan permasalahan dengan didasari data – data yang ada kemudian dianalisis lebih lanjut untuk ditarik kesimpulan. Metode ini peneliti gunakan untuk menggambarkan strategi penghimpunan dan pendistribusian wakaf di BMH Kediri. Sedangkan tehnik yang digunakan peneliti untuk memperoleh data – data adalah dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari BMH Kediri. Hasil dari penelitian strategi penghimpunan dan distribusi wakaf di Baitul Maal Hidayatullah Kediri ditinjau dari proses manajemen syariah yaitu strategi penghimpunan wakaf di BMH Kediri dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan komunikasi langsung (door to door), dan melalui komunikasi tidak langsung (melalui media cetak, media elektronik, atau media lainnya). Pendistribusian dana wakaf yang telah diterima oleh BMH Kediri untuk pembangunan pondok Ar – Risalah Hidayatullah Kediri. BMH Kediri telah menerapkan fungsi – fungsi manajemennya sesuai dengan fungsi manajamen syariah. Lembaga ini memberikan pelayanan yang baik untuk para wakif yang dimulai dari transparasi dalam penghimpunan dan pendistribusian untuk meningkatkan kepercayaan wakif dalam berwakaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012716 Waqf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 19 Dec 2018 07:02
Last Modified: 19 Dec 2018 07:02
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/73

Actions (login required)

View Item View Item