Studi Komparasi Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Antara Siswa Program Excellent dan Reguler Kelas VIII Di MTsN 6 Kediri

Yunitasari, Andini (2018) Studi Komparasi Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Antara Siswa Program Excellent dan Reguler Kelas VIII Di MTsN 6 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932111614-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932111614-bab1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
932111614-DaftarPustaka.pdf

Download (164kB)
[img] Text
932111614-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam lingkup pendidikan kelas excellent dianggap kelas yang sudah dapat memenuhi segala kebutuhan siswa terutama dalam intelektual. Dimana untuk kelas excellent banyak hal yang harus dipenuhi termasuk untuk berorientasi pada nilai akademis yang lebih serta bebas dari problem emosional dan sosial. Kenyataan yang ada dan menjadi permasalahan dalam kelas excellent saat ini adalah adanya tuntutan siswa untuk berpikir dibidang pengembangan akademik saja daripada bidang non akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosinal dan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII program excellent di MTsN 6 Kediri, kecerdasan emosinal dan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII program reguler di MTsN 6 Kediri, dan apakah ada perbedaan kecerdasan emosinal dan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII program excellent dan reguler di MTsN 6 Kediri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 6 Kediri yang berjumlah 356 siswa. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah berjumlah 209 siswa adapun rinciannya siswa kelas excellent berjumlah 34 siswa dan siswa Reguler berjumlah 175 siswa. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan skala sikap, metode dokumentasi dan analisis data statistik. Berdasarkan data yang telah terkumpul, data dianalisis menggunakan rumus uji t-test (t-test of independent) melalui menggunakan SPSS versi 20. Hasil penerlitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa program excellent di MTsN 6 Kediri memiliki rata-rata (mean) 68,4118, dan kemampuan komunikasi interpersonal siswa program excellent di MTsN 6 Kediri memiliki rata-rata (mean) 75,0588. Adapun kecerdasan emosional siswa program reguler di MTsN 6 Kediri memiliki rata-rata (mean) 67,0057, dan kemampuan komunikasi interpersonal siswa program excellent di MTsN 6 Kediri memiliki rata-rata (mean) 74,7143. Hasil perhitungan statistik uji t-test menujukkan bahwa tidak ada perbedaan kecerdasan emosional dan kemampuan komunikasi interpersonal antara siswa program excellent dan program reguler di MTsN 6 Kediri. Dibuktikan dengan nilai komparasi kecerdasan emosional antara siswa excellent dan reguler dengan nilai t-hitung 1,054 < t-tabel (0,05:207) = 1,960, maka pada variabel pertama Ho diterima dan Ha ditolak. Dan nilai komparasi komunikasi interpersonal antara siswa excellent dan reguler dengan nilai t-hitung t-hitung 0,244 < t-tabel (0,05:207) = 1,960, maka pada variabel kedua Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 07 Oct 2019 01:51
Last Modified: 07 Oct 2019 01:51
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item View Item