Perilaku Pedagang Buah Ditinjau dari Sosiologi Ekonomi Islam (Studi Kasus di Pasar Wates Kecamatan Wates Kabupaten Kediri)

Nurani, Dina Candra (2018) Perilaku Pedagang Buah Ditinjau dari Sosiologi Ekonomi Islam (Studi Kasus di Pasar Wates Kecamatan Wates Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931311614-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931311614-bab1.pdf

Download (385kB)
[img] Text
931311614-bab2.pdf

Download (322kB)
[img] Text
931311614-bab3.pdf

Download (170kB)
[img] Text
931311614-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
931311614-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
931311614-bab6.pdf

Download (185kB)
[img] Text
931311614-DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
931311614-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)

Abstract

Perilaku adalah segala tindakan atau perbuatan manusia yang kelihatan atau tidak kelihatan, yang didasari maupun tidak didasari termasuk di dalamnya cara berbicara, cara melakukan sesuatu, dan bereaksi terhadap segala sesuatu yang datangnya dari luar maupun dari dalam dirinya. Dalam kegiatan perdagangan, seseorang pasti terjalin suatu hubungan interaksi antar sesama yaitu sosiologi ekonomi Islam. Sosiologi ekonomi Islam adalah sebuah kajian yang mempelajari hubungan antara masyarakat yang di dalamnya terjadi interaksi sosial dengan ekonomi. Adanya fenomena-fenomena perilaku dan interaksi sosial ekonomi atau hubungan sosiologi ekonomi yang dilakukan secara terus-menerus oleh pedagang buah. Sehingga peneliti ini bermaksud untuk mengetahui faktor terjadinya perilaku pedagang buah jika dikaitkan dengan sosiologi ekonomi Islam di Pasar Wates Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam hal ini, peneliti mendeskripsikan perilaku pedagang buah di pasar Wates Kecamatan Wates Kabupaten Kediri dengan sosiologi ekonomi Islam. Oleh karena itu, peneliti juga melakukan observasi dan wawancara kepada 12 orang pedagang buah. Peneliti melakukan pengecekan ulang terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan triangulasi, dengan tujuan untuk mendapat kevalidan data. Setelah itu peneliti menganalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pembuatan kesimpulan. Hasil penelitian deskriptif mengungkapkan bahwa terdapat 4 (empat) hubungan interaksi sosial atau sosiologi ekonomi pedagang buah, yaitu hubungan antara pedagang buah dengan tempat kulak barang, hubungan interaksi ini terjadi karena adanya faktor situasional yaitu keadaan dimana kedua belah pihak saling membutuhkan satu sama lain terkait persediaan buah. Pedagang buah dengan pembeli, yaitu karena adanya unsur kesengajaan untuk mengejar kuota penjualan pedagang buah melakukan perilaku yang tidak sesuai dengan konsep ‘amal yang merupakan konsep sosiologis dalam kerangka interaksi sosial (Islami) dalam konteks hablun min al-nas. Pedagang buah dengan pedagang buah lain, karena tingkat persaingan yang ada seseorang dituntut untuk menerapkan konsep amar ma’ruf-nahi munkar. Dan pedagang buah dengan pemerintah, menekankan sikap berakhlak mulia, yaitu dengan menyadari bahwa dalam kehidupan bernegara kita wajib mematuhi aturan pemerintah dalam hal ini adalah dengan taat membayar retribusi pasar. Namun, masih saja ada oknum yang merasa keberatan dengan adanya penarikan karcis retribusi pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012701 Bai’, Tijarah (Trading)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 03 Oct 2019 05:38
Last Modified: 03 Oct 2019 05:38
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item View Item