Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tilawati Pada Siswa Kelas 1 SDN Burengan 2 Kota Kediri

Husna, M. Nafi' Sifa'ul (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tilawati Pada Siswa Kelas 1 SDN Burengan 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109618_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932109618_bab1.pdf

Download (570kB)
[img] Text
932109618_bab2.pdf

Download (815kB)
[img] Text
932109618_bab3.pdf

Download (326kB)
[img] Text
932109618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Text
932109618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
932109618_bab6.pdf

Download (115kB)
[img] Text
932109618_daftarpustaka.pdf

Download (234kB)
[img] Text
932109618_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932109618_suratpernyataan.pdf

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu sekolah dasar tingkat umum negeri yaitu SDN Burengan 2 Kediri yang memiliki siswa dengan kemampuan membaca al-Qur’an baik meskipun dengan jam pelajaran yang sangat sedikit. Oleh karena itu peneliti tertarik mengupas bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an melalui metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 Kota Kediri. Sehingga penelitian memiliki rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana perencanaan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an melalui metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 Kediri, 2) Bagaimana pelaksanaan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an melalui metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 Kediri, 3) Bagaimana evaluasi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an melalui metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 Kediri, 4) Apa faktor penunjang keberhasilan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an melalui metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Agar penelitian berjalan dengan baik maka proses analisa data dilakukan menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, display data dan verivikasi data atau penyimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data berupa ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran al-Qur’an metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 Kediri dengan bekerjasama dengan guru al-Qur’an PP. Sunan Ampel, mengadakan rapat, dan menyusun RPP, 2) Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 Kediri dengan melakukan kegiatan awal, inti dan penutup, 3) Evaluasi pembelajaran al-Qur’an metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 kediri dengan melalui pre-test, evaluasi harian, dan evaluasi kenaikan jilid, 4) Faktor penunjang keberhasilan pembelajaran al-Qur’an metode Tilawati pada siswa kelas 1 SDN Burengan 2 Kediri yaitu dengan adanya adanya pendekatan klasikal dan individual, hafalan surat-surat pendek, pemberian motivasi, bekerjasama dengan orang tua siswa dan TPQ daerah setempat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Nafi' Sifa'ul Husna
Date Deposited: 26 Sep 2022 04:42
Last Modified: 26 Sep 2022 04:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6249

Actions (login required)

View Item View Item