Hubungan Persepsi Guru pada Keteladanan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru di MTsN I Kota Kediri

Mujiah, Mujiah (2018) Hubungan Persepsi Guru pada Keteladanan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru di MTsN I Kota Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92400317013-prabab.pdf

Download (663kB)
[img] Text
92400317013-bab1-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah persepsi guru pada keteladan kepala sekolah dan kepuasan kerja terhadap disiplin kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)hubungan persepsi guru pada keteladanan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru, (2) hubungan kepuasan kerja terhadap disiplin kerja guru, (3) hubungan persepsi guru pada keteladanan kepala sekolah dan kepuasan kerja terhadap disiplin kerja guru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru di MTsN I Kota Kediri yang berjumlah 60 guru kemudian diambil sampel sebanyak 60 guru. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala likert yang memiliki 4 alternatif jawaban yaitu sangat setuju, setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju serta terdiri atas 84 butir pernyataan. Instrumen penelitian diujicobakan kepada 60 guru. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan perhitungan program SPSS 21. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan disiplin kerja guru tanpa didukung keteladanan kepala sekolah dan kepuasan kerja berupa konstanta besarnya 3,961 dan setiap perubahan/peningkatan secara bersama antara variabel keteladanan kepala sekolah dan kepuasan kerja akan menentukan tingkat disiplin kerja guru, setiap ada kenaikan satu poin pada variabel keteladanan kepala sekolah berakibat naiknya skor variabel disiplin kerja guru sebesar 0,420 dan setiap ada kenaikan variabel kepuasan kerja berakibat naiknya skor variabel disiplin kerja guru sebesar 0.538. Hal ini menunjukkan semakin tinggi keteladanan kepala sekolah, maka semakin tinggi pula disiplin kerja guru, semakin tinggi kepuasan kerja maka semakin tinggi pula disiplin kerja guru baik secara sendiri maupun bersama-sama. Hasil perhitungan nilai R2 diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,777, berarti 0,777 x 100% = 77,7 % variasi perubahan disiplin kerja guru dipengaruhi oleh variasi perubahan faktor-faktor keteladanan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru. Dari hasil perhitungan anaalisis data diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi guru pada keteladanan kepala sekolah dan kepuasan kerja terhadap disiplin kerja guru. Keteladanan dan kepuasan kerja adalah syarat untuk ikut andil dalam menerapkan disiplin kerja guru sehingga tujuan penyelenggaraan pendidikan dapat dicapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:51
Last Modified: 21 Aug 2019 04:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item View Item