Korelasi Supervisi Kepala Sekolah dan Pengalaman Guru Terhadap Kinerja Guru di MI Nurul Huda Kota Kediri

Santosa, Boedi (2018) Korelasi Supervisi Kepala Sekolah dan Pengalaman Guru Terhadap Kinerja Guru di MI Nurul Huda Kota Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92400317003-prabab.pdf

Download (278kB)
[img] Text
92400317003-bab1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman data-data empirik mengenai hubungan Supervisi Kepala Sekolah dan pengalaman guru, baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan kinerja guru MI Nurul Huda Kota Kediri. Hipotesis penelitian ialah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap kinerja guru MI Nurul Huda Kota Kediri (2) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan pengalaman guru Terhadap kinerja guru MI Nurul Huda Kota Kediri. Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasi yang dilaksanakan di MI Nurul Huda Kota Kediri dengan melibatkan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan studi dokumenter. Analisis data mengunakan teknik korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis adalah sebagai berikut : Pertama, terdapat hubungan positif dan sedang antara Supervisi Kepala Sekolah dengan kinerja guru. karena Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh skor koefisien korelasi Pearson correlation (ry1) adalah 0,957. Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,915, yang berarti bahwa Supervisi Kepala Sekolah memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 95,7%. hasil analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 6,277 + 0,891X1, yang signifikan pada taraf alpa 0,05. Kedua, terdapat hubungan positif dan sedang antara pengalaman guru dengan kinerja guru. Karena Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh koefisien korelasi Pearson correlation (ry2) adalah 0,623. Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,389, yang berarti bahwa pengalaman guru memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 38,9%. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 44,802+ 1,286X2. Ketiga, terdapat hubungan positif dan Tinggi antara Supervisi Kepala Sekolah dan pengalaman guru dengan kinerja guru. Karena diperoleh koefisien korelasi ganda (Ry1.2.) adalah 0,657. Adapun besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi R2 (R square) = 0,918, yang berarti bahwa Supervisi Kepala Sekolah dan pengalaman guru secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 91,8%. Memperhatikan hasil analisis regresi ganda, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 7,509+ 0,154X1 + 0,934X2.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:16
Last Modified: 21 Aug 2019 04:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item View Item