Pengaruh Persepsi Anak Didik Pada Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Perilaku Anak Didik di MTs An Nahar Pogar Tunglur Badas Kediri

Imron, Mohammad (2018) Pengaruh Persepsi Anak Didik Pada Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Perilaku Anak Didik di MTs An Nahar Pogar Tunglur Badas Kediri. Masters thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92100312023-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92100312023-bab1.pdf

Download (570kB)
[img] Text
92100312023-bab2.pdf

Download (621kB)
[img] Text
92100312023-bab3.pdf

Download (588kB)
[img] Text
92100312023-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
92100312023-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
92100312023-bab6.pdf

Download (450kB)

Abstract

Tesis yang membahas tentang Pengaruh guru terhadap para siswanya sangat besar, faktor-faktor imitasi, sugesti identifikasi, dan simpati misalnya memegang peran penting dalam interaksi sosial, hal ini yang diungkapkan gerungan sebagaimana yang dikutip oleh oemar hamalik Sejalan dengan teori yang dikemukakan oleh Albert Bandura yang dikutip oleh suyono dan harianto bahwa belajar sosial dan moral terjadi melalui peniruan (imitation) dan penyajian contoh perilaku (modeling). Melalui pembelajaran observasional yang disebut modeling atau menirukan perilaku manusia atau model, bandura mengembangakan teori pembelajaran sosial. Perilaku siswa pengamat dapat dipengaruhi oleh perilaku model dalam bentuk akibat-akibat positif (vicarious reinforcement), penguat yang seolah-olah dialaminya sendiri maupun dalam bentuk akibat-akibat negative (vicarious punishment). Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan tentang bagaimana kompetensi kepribadian guru di MTs. AN NAHAR Pogar Tunglur Badas Kab. Kediri, (2) Untuk mendeskripsikankan tentang bagaimana perilaku dari Anak didik di MTs. AN NAHAR Pogar Tunglur Badas Kab. Kediri, (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari kompetensi kepribadian guru terhadap perilaku anak didik di MTs. AN NAHAR Pogar Tunglur Badas Kab. Kediri. Dalam penelitian ini penelitian menggunakan Pendekatan kuantitatif korelatif, penelitian yang ditujukan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel lain. Hubungan antara satu dengan variabel yang lain dinyatakan dengan besarnya koefisien korelasi dan keberartian (signifikansi) secara statistik. Sumber data penelitian ini adalah, guru, Siswa dan dokumen madrasah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa angket. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah responden 60 Siswa. Teknik analisis datanya menggunakan metode kuantitatif korelatif. Hasil penelitian adalah : (1) ada Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap perilaku anak didik di MTs. An Nahar, hasilnya diperoleh dari angka koefisien korelasi pearson sebesar 549**, berarti besar korelasi antara aspek Kompetensi Kepribadian Guru dengan perilaku responden adalah 0,549 hubungannya sedang atau moderat karena tidak mendekati angka 1. Hubungan dari kedua variabel itu signifikan, dikarenakan angka signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. implikasi secara Teoritis : (1) Dengan menjalankan dan menampilkan Kompetensi Kepribadian guru Mantab dan Stabil, Kepribadian Guru Dewasa, Kepribadian Guru Arif, Kepribadian Guru Berwibawa. Dapat Memberikan pengaruh Moderat/sedang terhadap perilaku anak didik. (2) Dengan menjalankan dan menampilkan Kepribadian Guru Berakhlak Mulia, Kepribadian Guru Menjadi Teladan, juga dapat memberikan pengaruh terhadap perilaku anak didik meskipun hanya kecil atau tidak erat, (3) diharapkan ada kerjasama anak didik dan guru dengan mencari solusi terbaik agar menjadikan perilaku anak didik berubah menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:28
Last Modified: 21 Aug 2019 03:28
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item