Kontribusi Alumni Pondok Pesantren Dalam Pendidikan Moral Masyarakat di Desa Juwet Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk

Junaidi, Kholid (2013) Kontribusi Alumni Pondok Pesantren Dalam Pendidikan Moral Masyarakat di Desa Juwet Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102108-prabab.pdf

Download (69kB)
[img] Text
932102108-bab1.pdf

Download (47kB)
[img] Text
932102108-bab2.pdf

Download (145kB)
[img] Text
932102108-bab3.pdf

Download (50kB)
[img] Text
932102108-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
932102108-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
932102108-bab6.pdf

Download (29kB)
[img] Text
932102108-dafpus.pdf

Download (30kB)

Abstract

Partisipasi alumni pesantren secara langsung dalam melaksanakan pendidikan moral bagi masyarakat sangat dibutuhkan, maka hal ini akan menyebabkan peningkatan rasa tanggungjawab, akan meningkatkan dedikasi alumni pesantren terhadap pendidikan moral masyarakat di daerahnya masing-masing. Inilah esensi partisipasi alumni pesanren dalam dunia pendidikan. Baik yang terjun langsung pada sekolah formal, pengelolaan sumber daya manusia di masyarakat, maupun partisipasi alumni pesantren dalam pengelolaan madrasah maupun pondok pesantren di daerahnya. Fokus penelitian dalam skirpsi ini adalah: (1) Bagaimana kontribusi alumni pondok pesantren dalam pelaksanaan pendidikan moral masyarakat di Desa Juwet Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk ? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat alumni pondok pesantren dalam pelaksanaan pendidikan moral masyarakat di Desa Juwet Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk ? Sesuai dengan karakteristik dan obyek yang diteliti dan target yang diharapkan metode penelitian yang relevan adalah kualitatif, karena penelitian kualitatif mempunyai ciri antara lain: latar alami dan peneliti sebagai instrumen kunci. Penelitian bersifat diskriptif dan analisa data secara induktif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode obsevasi, dokumentasi serta wawancara. Dimana ketiga komponen tersebut merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data penelitian, oleh karena itu analisa data menggunakan tehnik diskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Kontribusi alumni pondok pesantren dalam pelaksanaan pendidikan moral masyarakat adalah: mempunyai kesadaran untuk menanamkan pendidikan moral masyarakat pendidikan non formal seperti TPQ, Madrasah Diniyah, pondok pesantren, mengadakan kegaitan rutinan untuk para pemuda dan remaja setiap hari rabu dan jum’at, mengadakan bimbingan belajar untuk anak yang masih duduk di sekolah formal dan TPQ, Madin dan pondok pesantren untuk meningkatkan pemahaman keagamaan dan memberbaiki moral, mengoptimalisasikan karangtaruna untuk meningkatkan minat dan bakat pemuda, mengadakan jami’ah untuk ibu-ibu muslimat dan jami’ah- jami’ah keagamaan untuk golongan orang tua. (2) Faktor pendukung alumni pesantren dalam melaksanakan pendidikan moral masyarakat sepenuhnya mendapat dukungan dari perangkat desa dan masyarakat sekitar, lingkungan masyarakat yang tergolong penganut Islam ta’at. Sedangkan faktor penghambat adalah kesibukan mereka dalam menjalankan pekerjaanya masing-masing, tidak ada bisyaroh, padahal mereka (para alumni) tetap membutuhkan materi untuk menghidupi keluarganya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:28
Last Modified: 20 Aug 2019 02:28
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item