Implementasi Franchise dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus pada Franchise Alfamart Blabak Kediri)

Wulandari, Yuyun (2016) Implementasi Franchise dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus pada Franchise Alfamart Blabak Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Halaman depan.pdf

Download (774kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (858kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
surat penelitian_LAMPIRAN FOTO ALFAMART BLABAK KEDIRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Franchise merupakan pemberian hak untuk menjual produk berupa barang atau jasa dengan memanfaatkan merek dagang franchisor, dengan kewajiban pihak franchisee untuk mengikuti metode dan tata cara atau prosedur yang telah ditetapkan oleh franchisor. Sebagai timbal balik, franchisee harus membayar sejumlah royalty fee kepada franchisor karena telah mengizinkan franchisee berusaha dengan merek dagangnya. Di Indonesia sendiri, yang mulai berkembang yaitu munculnya franchise Alfamart. Alfamart adalah suatu perusahaan yang bergerak di bisnis waralaba swalayan yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Lebih dari 200 produk makanan dan barang kebutuhan hidup lainnya tersedia dengan harga bersaing, memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari. Dan penerapan franchise pada Alfamart sesuai dengan sistem dan prosedur yang berlaku. Dari sudut pandang syariah, perjanjian franchise termasuk kelompok syirkah (persekutuan) dan hukumnya dibolehkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi franchise pada Alfamart Blabak Kediri dan untuk mengetahui franchise Alfamart Blabak Kediri dalam perspektif Ekonomi Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi franchise pada Alfamart Blabak Kediri serta untuk mengetahui implementasi franchise Alfamart Blabak Kediri dalam perspektif Ekonomi Syariah. Jenis Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Implementasi franchise pada usaha franchise Alfamart Blabak Kediri ini mengikuti sistem dan prosedur yang telah ditetapkan oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. 2). Sistem franchise yang dilakukan oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. jika ditinjau dalam perspektif ekonomi syariah, maka tidak sesuai dengan Islam. Hal ini disebabkan karena: a). Ketentuan untuk menjual minuman keras ditentukan oleh Managemen Alfamart Pusat, bahwasannya penjualan minuman keras akan tetap di-supply kepada Alfamart yang belum menjadi kepemilikan orang lain dan pemilik dari Alfamart boleh menjual atau menolak minuman keras dan makanan haram untuk di perjual-belikan. b). Dilihat dari segi akhlak, keadilan, tanggung jawab, menepati janji, toleransi, pemberian hak sesuai potensi, bebas dari unsur riba sudah sesuai. Tetapi kalau dilihat dari segi konsep bagi hasil kurang sesuai karena pada Alfamart menggunakan pembagian royalty fee. c). Munculnya franchise Alfamart dapat mengakibatkan beberapa toko mengalami kerugian atau gulung tikar terhadap usahanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 09 Aug 2019 06:57
Last Modified: 09 Aug 2019 06:57
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item