Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Kandat Kediri

Arif, Aziz Sholikhan (2015) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Kandat Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932118810_prabab.pdf

Download (592kB)
[img] Text
932118810_bab1.pdf

Download (331kB)
[img] Text
932118810_bab2.pdf

Download (619kB)
[img] Text
932118810_bab3.pdf

Download (491kB)
[img] Text
932118810_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
932118810_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
932118810_bab6.pdf

Download (82kB)
[img] Text
932118810_daftarpustaka.pdf

Download (391kB)

Abstract

ABSTRAK AZIZ SHOLIKHAN ARIF, Dosen Pembimbing Dr. Hj Munifah M.Pd dan Dra. Fartika Ifriqia M.Pd.: Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran PAI di SMAN 1 Kandat, Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2015. Kata kunci : Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Efektivitas Proses Pembelajaran PAI Implementasi Program Manajemen Berbasis Sekolah untuk Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Kediri merupakan salah satu upaya untuk mengatasi rendahnya mutu pendidikan SMA di daerah ini. Di samping itu, keberadaan program ini sejalan dengan kebijakan pendidikan pada tingkat Sekolah Menegah Atas di Kabupaten Kediri yang memprioritaskan pada bidang peningkatan mutu, pemerataan kesempatan, efisiensi dan efektivitas serta relevansi pendidikan. Oleh karena itu, permasalahannya adalah 1) Bagaimana kebijakan sekolah dalam meningkatkan proses pembelajaran PAI Di SMAN 1 Kandat? 2) Bagaimana peran serta masyarakat dalam meningkatkan proses pembelajaran PAI Di SMAN 1 Kandat? Dan 3) Bagaimana sumber daya yang ada dalam meningkatakan efektivitas proses pembelajaran PAI di SMAN 1 Kandat? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis datanya kualitatif. Sumber datanya adalah kepala sekolah, para waka bagian kependidikan, bagian kurikulum, siswa, guru PAI, dan lain-lain. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan temuannya dengan trianggulasi, perpanjangan pengamatan, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kepala sekolah memberikan keleluasaan kepada guru untuk mengembangkan ketrampilan sesuai dengan keadaan siswa, 2) Kepala Sekolah mengajak masyrakat dalam hal pembiayaan maupun pengambilan keputusan melalui rapat komite sekolah, 3) Kepala Sekolah menyediakan dan memanfaatkan media pembelajaran yang ada dan sesuai kebutuhannya. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa efektivitas Proses Pembelajaran PAI dapat ditingkatkan dengan adanya implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:40
Last Modified: 12 Aug 2022 06:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5611

Actions (login required)

View Item View Item