Implementasi Pembelajaran Berbasis Saintifik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Di SMAN 1 Gurah Kabupaten Kediri Tahun 2015

Khasanah, Miftakhul (2015) Implementasi Pembelajaran Berbasis Saintifik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Di SMAN 1 Gurah Kabupaten Kediri Tahun 2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932122411_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932122411_bab1.pdf

Download (601kB)
[img] Text
932122411_bab2.pdf

Download (461kB)
[img] Text
932122411_bab3.pdf

Download (357kB)
[img] Text
932122411_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
932122411_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
932122411_bab6.pdf

Download (297kB)
[img] Text
932122411_daftar_pustaka.pdf

Download (283kB)

Abstract

Dalam meningkatkan keefektifan pembelajaran khususnya bidang Pendidikan Agama Islam, ada hal yang perlu diperhatikan oleh guru yaitu mengenai kurikulum dan pendekatan pembelajaran yang digunakan selama proses pembelajaran. Kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik, meningkatan dan menyeimbangkan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Pendekatan saintifik terdiri dari beberapa elemen-elemen yaitu mengamati, di sini peserta didik dapat menemukan fakta bahwa ada hubungan antara obyek yang dianalisis dengan materi digunakan oleh guru. Menanya, peserta didik bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak, dibaca, dan dilihat. Mencoba, peserta didik melakukan percobaan. Menalar, peserta didik berpikir untuk mencari pengetahuan dan keterampilan. Mengkomunikasikan, peserta didik menyampaikan pendapatnya yang dihasilkan dari proses-proses sebelumnya. Penelitian ini memfokuskan kajian tentang implementasi pembelajaran Berbasis Saintifik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013, antara lain: (1) mengamati; (2) menanya; (3) mencoba; (4) menalar; dan (5) mengkomunikasikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan kegiatan tentang: (1) mengamati; (2) menanya; (3) mencoba; (4) menalar; dan (5) mengkomunikasikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis data untuk mendapatkan temuan penelitian. Keabsahan data diuji dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan teknik trinagulasi sumber data. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil penelitian, yaitu (1) Pada proses mengamati, peserta didik mengamati gambar dan video yang di tayangkan oleh guru, peserta didik wajib jujur bahwa apa yang dicatat benar-benar hasil dari hasil pengamatannya bukan dari hasil karangan mereka (2) Proses menanya, peserta didik bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak, dibaca, dan dilihat (3) Mencoba, peserta didik melakukan percobaan, mengidentifikasi ix sebanyak mungkin contoh untuk memperoleh pengetahuan tentang alam sekitar (4) Menalar, peserta didik berfikir untuk mencari jawaban dan pengetahuan (5) Mengkomunikasikan, peserta didik menceritakan apa yang ditemukan dalam kegiatan mencari informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adel Adel
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:14
Last Modified: 09 Aug 2022 02:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5521

Actions (login required)

View Item View Item