Upaya Guru PAI Dalam Menanamkan Karakter Toleransi Beragama Pada Peserta Didik Kelas XI Di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo

Retnaningati, Firda Alifia Setyo Titian (2022) Upaya Guru PAI Dalam Menanamkan Karakter Toleransi Beragama Pada Peserta Didik Kelas XI Di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932133618_prabab.pdf

Download (875kB)
[img] Text
932133618_bab1.pdf

Download (453kB)
[img] Text
932133618_bab2.pdf

Download (760kB)
[img] Text
932133618_bab3.pdf

Download (473kB)
[img] Text
932133618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[img] Text
932133618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
932133618_bab6.pdf

Download (184kB)
[img] Text
932133618_daftarpustaka.pdf

Download (309kB)
[img] Text
932133618_suratpernyataan.pdf

Download (389kB)

Abstract

Tujuan pendidikan di Indonesia berdasarkan UU No.20 Tahun 2003 yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar bisa menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang yang demokratis dan tanggung jawab. Akhlak mulia merupakan salah satu komponen penting dalam membentuk karakter peserta didik. Pendidikan karakter memiliki 18 karakter yang harus ditanamkan pada generasi penerus bangsa, salah satunya adalah karakter toleransi. Implementasi karakter toleransi dalam satuan pendidikan dirancang untuk menanamkan nilai toleransi melalui pembiasaan. Seperti di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo ini dengan penanaman karakternya melalui pembiasaan, pembelajaran, dan kegiatan keagamaan. Dari hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1.) Untuk mengidentifikasi upaya guru PAI dalam menanamkan toleransi di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo. 2) Untuk mengidentifikasi faktor Pendukung Penanaman Karakter Toleransi di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo. 3) Untuk mengidentifikasi faktor penghambat penanaman karekter toleransi di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk dalam jenis penelitihan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui langkah reduksi data, penyajian data kemudian dilakukan penarikan kesimpulan, adapun pengecekan keabsahan data dilakukan perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, 1.) Upaya guru PAI dalam menanamkan toleransi di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo yaitu melalui pembiasaan berupa salam hormat yang dilakukan oleh siswa saat masuk kedalam kelas, memberikan materi pembelajaran mengenai toleransi dengan menggunakan metode konvensional, memberikan motivasi kepada siswa untuk bersikap toleransi kepada sesama, dan mengajak siswa siswi untuk mengikuti kegiatan keagamaan bersama disekolah. 2.) Faktor pendukung penanaman karakter toleransi di SMA Hang Tuah 5 yaitu terdapat peraturan dari sekolah untuk menghargai sesama, dukungan dari guru dalam memberi himbauan dan nasehat, dan mendukung kegiatan keagamaan di sekolah sesuai agama masing - masing. 3.) Faktor penghambat penanaman karekter toleransi di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo yaitu melakukan candaan terhadap temannya yang beragama lain dengan melakukan ibadah yang tidak sesuai dengan agamanya, dan kurangnya fasilitas ibadah untuk warga sekolah non muslim.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Firda Alifia Setyo Titian Retnaningati
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:41
Last Modified: 22 Jul 2022 03:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5137

Actions (login required)

View Item View Item