Pengelolaan Sarana dan Prasaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN 1 KOTA KEDIRI

Intan Sari, Dewi (2021) Pengelolaan Sarana dan Prasaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN 1 KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932400617_prabab.pdf

Download (948kB)
[img] Text
932400617_bab1.pdf

Download (250kB)
[img] Text
932400617_bab2.pdf

Download (298kB)
[img] Text
932400617_bab3.pdf

Download (259kB)
[img] Text
932400617_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
932400617_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
932400617_bab6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
932400617_daftarpustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932400617_suratpernyataan.pdf

Download (388kB)

Abstract

ABSTRAK Intan Sari Dewi, 932400617, Pengelolaan Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MAN 1 Kota Kediri. Dosen Pembimbing I. Dr. Hj. Munifah, M.Pd. Pembimbing II. Erwin Indrioko, M.Pd.I: Fakultas Tarbiyah, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2021. Kata Kunci: Pengelolaan Sarana dan Prasarana, Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya sarana dan prasarana untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar, dengan cara menggunakan sarana dan prasarana secara baik sesuai dengan kebutuhan. Karena sarana dan prasarana adalah penunjang utama dalam proses belajar yang dapat mempengaruhi tingkat motivasi siswa dalam belajar. Sarana dan prasarana pendidikan memiliki fungsi yang sangat besar dalam proses pendidikan, sehingga sarana dan prasarana merupakan komponen-komponen yang sangat penting dan harus dipenuhi dalam pendidikan. Karena tanpa adanya sarana dan prasarana yang memadai dan baik lembaga akan mengalami kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Hal ini menjadi alasan peneliti untuk mengangkat penelitian ini. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Perencanaan Sarana dan Prasarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. 2) Pemanfaatan Sarana dan Prasarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. 3) Pemeliharaan Sarana dan Prasarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. 4) Penghapusan Sarana dan Prasarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu strategi dan teknik penelitian yang bertujuan untuk memahami masyarakat dengan mengumpulkan fakta mendalam sebanyak mungkin, dan menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), yakni penelitian yang penggalian datanya dilakukan dilapangan. Metode pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunaan teknik dekriptif yakni mengumpulkan semua data yang diperoleh dari beberapa teknik kemudian ditelaah secara seksama selanjutnya dirangkum dan dipilih pokok-pokok penting dan disusun secara sistematik, serta analisisnya dilakukan melalui 3 jalur yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahaan data yakni menggunakan kredibilitas, triangulasi, transferabilitasi, reabilitasi dan obyektivitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Perencanaan dilakukan pada awal kegiatan ajaran baru, tidak semua warga sekolah yang ikut dalam kegiatan tersebut, kebutuhan yang diutamakan kbutuhan yang benar-benar dibutuhkan. 2) Pemanfaatan dilakukan oleh semua warga sekolah, namun ada beberapa ruangan yang dipertanggung jawabkan oleh satu orang, namun saat ini pemanfaatanya kurang maksimal karena pembelajaran dilakukan secara daring. 3)

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Intan Sari Dewi
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:05
Last Modified: 22 Jul 2022 03:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5127

Actions (login required)

View Item View Item