Strategi Pemasaran Melalui Instagram dengan Sistem Endorsement Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Online Shop Maryam Project)

Farikha, Ela Alvianita (2016) Strategi Pemasaran Melalui Instagram dengan Sistem Endorsement Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Online Shop Maryam Project). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
halaman judul_Abstrak.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (754kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (279kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)

Abstract

Bisnis online adalah suatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari negoisasi hingga kegiatan transaksi tanpa harus bertatap muka dengan customer. Dalam bisnis online diperlukan strategi-strategi pemasaran dengan cara mengiklankan hasil produknya di media sosial dengan memerlukan jasa orang lain. Strategi tersebut menggunakan sistem endorsement, bentuk kerjasama antar kedua pihak yang saling menguntungkan, bisa juga sebagai pendukung iklan, endorsement banyak muncul pada sosial media yaitu instagram. Menjalankan bisnis tentunya perusahaan tidak lepas dengan adanya etika dalam berbisnis, dan memiliki fungsi sebagai pedoman yang dilandasi dengan landasan tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, dan tanggung jawab. Skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari wawancara kepada pemilik usaha, karyawan beserta konsumen, sedangkan sumber data sekunder berasal dari referensi terkait konteks penelitian observasi, dokumentasi serta data yang diperoleh dari pemilik usaha. Hasil penelitian ini adalah : (1) Strategi pemasaran online shop Maryam Project menggunakan dua jenis endoser yaitu jenis testimonial adalah tokoh yang berasal dari kalangan orang biasa yang dianggap netral untuk menyampaikan keunggulan produk, dan jenis endoser accesivist adalah penggunaan tokoh yang memiliki keunikan pada bidang tertentu. (2) etika bisnis Islam yang terdapat di sistem endorsement yaitu, prinsip kejujuran dalam bentuk barang yang sesuai seperti gambar yang dicantumkan di instagram Maryam Project, landasan etika bisnis Islam yaitu landasan tanggung jawab yang dilakukan oleh selebritis instagram yang langsung memasarkan produk sesuai kesepakatan di akun instagram milik pribadinya. dan juga menekankan pada niat yang baik dan status yang jelas dalam menjalankan bisnisnya dalam bentuk status yang halal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 11 Jul 2019 02:44
Last Modified: 11 Jul 2019 02:44
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item