Efektivitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutor) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Barisan dan Deret pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ngadiluwih

Asna Ashabul Maimanah, AAM (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutor) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Barisan dan Deret pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932300618_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932300618_bab1.pdf

Download (566kB)
[img] Text
932300618_bab2.pdf

Download (458kB)
[img] Text
932300618_bab3.pdf

Download (696kB)
[img] Text
932300618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
932300618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
932300618_bab6.pdf

Download (192kB)
[img] Text
932300618_daftarpustaka.pdf

Download (306kB)
[img] Text
932300618_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932300618_suratpernyataan.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika, karena dianggap mata pelajaran yang membosankan bagi siswa. Dalam hal ini, guru memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif, yakni model pembelajaran tutor sebaya (peer tutor). Studi komparasi penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan tutor sebaya (peer tutor), dan adakah perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran konvensional dan tutor sebaya (peer tutor) pada mata pelajaran matematika pada kelas XI pada SMA Negeri 1 Ngadiluwih tahun ajaran 2021/2022. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian komparatif (perbandingan). Populasi penelitian ini adalah 344 siswa dan jumlah sampel sebesar 70 siswa dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian dihitung dengan Ms. Excel dan analisis data statistik dihitung dengan software SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 79,6 dan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tutor sebaya (peer tutor) sebesar 88,46. Sedangkan hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara pengguna model pembelajaran konvensional dan tutor sebaya (peer tutor) pada mata pelajaran matematika di kelas XI di SMA Negeri 1 Ngadiluwih

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Depositing User: Asna Ashabul Mamanah
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:38
Last Modified: 15 Jul 2022 03:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5037

Actions (login required)

View Item View Item