Stategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pasien (Studi kasus Pada Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kediri)

Indarwati, Cici (2016) Stategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pasien (Studi kasus Pada Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
sampul skripsi_halaman awal.pdf

Download (822kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (682kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Lampiran belakang_struktur organisasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)

Abstract

Dalam menghadapi era globalisasi sekarang, lingkungan dunia usaha harus menghadapi teknologi yang semakin canggih, baik perusahaan yang berorientasi laba maupun nirlaba.Dalam hal ini nirlaba adalah rumah sakit sebagai lembaga kesehatan.Selanjutnya telah berkembang dari unit usaha sosial hingga usaha yang berorientasi pada bisnis murni atau profit.Perubahan lingkungan yang cepat dan berkembang baik di tingkat lokal maupun global saat ini mendorong rumah sakit untuk melaksanakan berbagai perubahan.Mengingat perubahan yang cenderung semakin cepat dengan munculnya berbagai kebijakan pemerintah, teknologi dan faktor-faktor lain yang mengakibatkan situasi persaingan semakin tajam, maka dibutuhkan strategi yang tepat dalam mengelola pelayanan kesehatan di rumah sakit.Hal ini harus menjadi pertimbangan bagi rumah sakit untuk memberikan pelayanan berorientasi pada pelanggan dalam rangka memberikan kepuasan sekaligus sebagai upaya mewujudkan loyalitas pada pasien. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif.Kehadiran peneliti di lapangan sangat penting karena sebagai pengumpul data dengan lokasi penelitian di RSM Ahmad Dahlan Kediri.Prosedur pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sumber data yaitu pimpinan RSM Ahmad Dahlan Kediri, pegawai dan pasien.Adapun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. DalampenelitianStrategiPelayananDalamMeningkatkanLoyalitasPasien di RSM Ahmad Dahlan Kediri ini bahwa RSM Ahmad Dahlanmemilikistrategiuntukmeningkatkanloyalitaspasien yaitu: Yang pertama, membuat RencanaLayananBaru/ Inovasi berupa pembangunan Poli Stroke, Poli Diabet, HCU dan Desa Binaan Sehat. Yang kedua, yaitu Meningkatkan Mutu Pelayanan, baik dari Internal maupun Eksternal. Selain itu RSM Ahmad Dahlan Kediri juga memperhatikan elemen-elemen pelayanan yaitu Kehandalan, DayaTanggap, Empati, Jaminan dan BuktiLangsung.Dengan adanya strategi tersebut RSM Ahmad Dahlan Kediri mampu memenuhi harapan pasien.Hal ini dapat dibuktikan bertambahnya jumlah pasien dari tahun ke tahun.Selain itu, Peranan strategi yang diberikan oleh pegawai RSM Ahmad Dahlan Kediri sangat berdampak terhadap pasien. Pasien mempunyai kepuasan dan akan membuat pasien bertahan, tidak hanya itu namun pasien juga akan berlangganan kembali menggunakan layanan dan mereferensikan kepada orang lain sebagai bentuk loyalitas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 10 Jul 2019 11:58
Last Modified: 10 Jul 2019 11:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item