Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Selama Pandemi Covid-19 Di SMPN 3 Karangan Trenggalek

Dzaky, Azid Alfan El (2021) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Selama Pandemi Covid-19 Di SMPN 3 Karangan Trenggalek. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932128916_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932128916_bab1.pdf

Download (524kB)
[img] Text
932128916_bab2.pdf

Download (430kB)
[img] Text
932128916_bab3.pdf

Download (448kB)
[img] Text
932128916_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
932128916_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
932128916_bab6.pdf

Download (221kB)
[img] Text
932128916_daftarpustaka.pdf

Download (432kB)
[img] Text
932128916_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK El Dzaky, Azid Alfan, 2021. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama Pandemi COVID-19 di SMPN 3 Karangan Trenggalek Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri. Pembimbing (1) Saifullah, M.Ag (2) Ust. Surahmat, M.Hum Kata Kunci: Pendidkan, Virus Corona, COVID-19, Penelitian Pendidikan adalah usaha sadar dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia. Belakangan pendidikan terganggu karena adanya virus corona. Virus corona menular melalui udara dan sentuhan antar manusia. Dampak virus corona ini salah satunya adanya penutupan di bidang pendidika yang berakibat proses pembelajaran menjadi terganggu. Supaya pembelajaran tetap berjalan kemendikbud mengambil kebijakan menggunakan pembelajaran daring termasuk di SMPN 3 Karangan Trenggalek yang menerapkan pembelajaran daring dimasa pendemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana kebijakan yang diambil kepala sekolah SMPN 3 Karangan Trenggalek pada masa pandemi COVID-19 (2) Bagaimana proses perencanaan pembelajaran di SMPN 3 Karangan Trenggalek pada masa pandemi COVID-19 (3) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran di SMPN 3 Karangan Trenggalek pada masa pandemi COVID-19 (4) Bagaimana proses evaluasi pembelajaran di SMPN 3 Karangan Trenggalek pada masa pandemi COVID-19. Dalam penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari fenomena atau peristiwa dari orang-orang secara individu atau kelompok dan perilaku yang dapat diamati. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekutan pengamatan, triangulasi, dan menggunakan kecakapan referensi. Dari hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwasannya (1) Dimasa pandemi COVID-19 proses pembelajaran yang dilakukan SMPN 3 Karangan menggunakan pembelajaran daring (2) Untuk proses perencanaan terdapat penyesuaian dibagian indikator pembelajaran, alokasi waktu mengajar dan metode mengajar (3) Mengenai proses pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan media whatsapp dan google classroom untuk absensi siswa (4) Dalam evaluasi pembelajaran di SMPN 3 Karangan sama dengan masa sebelum pandemi seperti evaluasi di akhir pembahasan, ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan semester.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 01 Jul 2022 02:42
Last Modified: 01 Jul 2022 02:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4842

Actions (login required)

View Item View Item