Analisis Pembagian Keuntungan Waralaba Perspektif Ekonomi Islam di Waralaba Nyoklat Klasik It’s Really Ice/Hot Chocolate Tulungagung

Trialita, Agnes (2016) Analisis Pembagian Keuntungan Waralaba Perspektif Ekonomi Islam di Waralaba Nyoklat Klasik It’s Really Ice/Hot Chocolate Tulungagung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
cover_lampiran2 awal.pdf

Download (851kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (363kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)
[img] Text
PEDOMAN DOKUMENTASI_PEDOMAN OBSERVASI.pdf

Download (200kB)

Abstract

Waralaba merupakan hak untuk menjalankan bisnis/usaha di daerah yang telah ditentukan, dengan produsen memberikan pelatihan kepada perwakilan penjualan serta menyediakaan produk, informasi, dan iklan serta mengontrol perwakilan yang menjual produk di daerah yang telah ditentukan. Dalam bisnis waralaba terdapat tiga unsur, yaitu: 1) Franchisor(pemilik waralaba), 2) franchisee (pembeli waralaba), 3) Franchise (objek waralaba). Kerjasama yang ada pada waralaba hakikatnya berorientasi pada keuntungan (profit oriented), keuntungan tersebut haruslah dibagi sesuai dengan kesepakatan bersama antara pihak Franchisor dengan franchisee pada kontrak awal. Pembagian keuntungan haruslah adil antara kedua belah pihak, baik itu berdasarkan modal usaha maupun batasan/kadar pekerjaan. Berdasarkan uraian di atas maka peneliti ingin mengetahui dan mendeskripsikan pembagian keuntungan waralaba perspektif ekonomi Islam di Waralaba Nyoklat Klasik It’s Really Ice/Hot chocolate Tulungagung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Kehadiran peneliti di lokasi penelitian sangat penting karena peneliti merupakan instrumen kunci untuk mengangkat apa yang ada di lapangan. Ungkapan dan tindakan yang diperoleh merupakan sumber data primer, sedangkan sumber data sekunder berupa dokumen melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecheckan keabsahan data dengan teknik pengamatan dan triangulasi, kemudian menganalisis data dengan cara menelaah seluruh data yang ada. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Pembagian keuntungan antara pihak Franchisor dengan franchisee pemegang paket gold di waralaba Nyoklat Klasik It’s Really Ice/Hot Chocolate Tulungagung diambil dari hasil repeat order dan penjualan paket franchise yang dilakukan setiap kali ada transaksi dengan prosentase pembagian keuntungan yaitu 67:33 yang telah disepakati yang dikenal dengan istilah cash back. 2) pembagian keuntungan di waralaba Nyoklat Klasik It’s Really Ice/Hot Chocolate Tulungagung menurut ekonomi Islam menggunakan syirkah‘inan, karena prosentase pembagian keuntungan di waralaba Nyoklat ini berdasarkan pada modal usaha dan batasan/kadar pekerjaan. Modal usaha yang dimiliki Franchisor berupa aset bisnis waralaba, seperti merek dagang, produk, dan manajemen, sedangkan modal usaha yang dimiliki oleh franchisee pemegang paket gold berupa investasi awal sebesar Rp 60 juta. Sementara itu, untuk kadar pekerjaan sebagai pihak pusat (Franchisor) bertindak sebagai pengelola paket franchise dan juga repeat order dan pihak franchisee bertindak sebagai penjaring/promotor paket franchiseyaitu paket silver.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140215 Public Economics- Taxation and Revenue
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Ahwal Al-Syakhsiyah - Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 28 Jun 2019 01:10
Last Modified: 28 Jun 2019 01:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item