Pengaruh Pengembangan Produk terhadap Tingkat Pendapatan di BMT UGT Sidogiri

Indraini, Luluk (2017) Pengaruh Pengembangan Produk terhadap Tingkat Pendapatan di BMT UGT Sidogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
i. cover_v. PraBAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
vi. BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
vii. BAB II.pdf

Download (463kB)
[img] Text
viii. BAB III.pdf

Download (268kB)
[img] Text
ix. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
x. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
xi. BAB VI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
xii. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
xiii. DAFTAR RIWAYAT HIDUP_Output Spss 10032017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menurut Rachman Prawiraamidjaja pengembangan produk merupakan perbaikan dari produk perusahaan yang telah ada. Hal tersebut dilakukan dengan jalan menambah variasi dan aneka ragam produk. Pengembangan produk sendiri dilakukan untuk memenuhi konsumen yang merasa belum puas dan meningkatkan hasil penjualan. Kemudian, Rosjidi mengartikan pendapatan sebagai aktivitas usaha dalam suatu periode yang diakui dan diukur berdasarkan prinsip akutansi yang berlaku umum. BMT UGT Sidogiri mulai beroperasi pada tanggal 5 Rabiul Awal 1421 H atau 6 Juni 2000 M di Surabaya. Kemudian mendapatkan badan Hukum Koperasi dari Kanwil Dinas Koperasi PK dan M Propinsi Jawa Timur dengan SK Nomor: 09/BH/KWK.13/VII/2000 tertanggal 22 Juli 2000. Koperasi BMT UGT Sidogiri merupakan lembaga keuangan alternatif berdasarkan pada prinsip syariah. BMT tersebut, dari awal berdirinya hingga sekarang, memiliki tahapan pembaharuan produk. Tahapan tersebut dilakukan untuk mewadahi kebutuhan anggotanya. Seperti, tabungan peduli siswa yang dirasa kurang fleksibel dan kurang dapat menjangkau anggotanya yang menginginkan produk tabungan tersebut. Namun tidak tergabung dalam lembaga yang mengajukan produk tabungan itu. Oleh karenanya, pada tahun 2010 BMT UGT Sidogiri melakukan pengembangan produk terhadap tabungan peduli siswa. Produk pengembangan tersebut berupa tabungan tarbiyah yang dikhususkan bagi orang tua atau wali murid. Rumusan masalah dari penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana tingkat pendapatan BMT UGT Sidogiri sebelum terjadinya pengembangan produk; 2) Bagaimana tingkat pendapatan BMT UGT Sidogiri sesudah terjadinya pengembangan produk; 3) Bagaimana perbedaan tingkat pendapatan BMT UGT Sidogiri sebelum dan sesudah ternjadinya pengembangan produk. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengembangan produk terhadap tingkat pendapatan. Objek penelitian yang akan menjadi sampel adalah BMT UGT Sidogiri. Pendekatan yang diguanakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis paired sampel t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X2 (pendapatan sesudah pengembangan produk) dan variabel X1 (pendapatan sebelum pengembangan produk) memiliki distribusi tidak normal. Kemudian hasil dari perbandingan (comparation) yang dilakukan dengan uji paired sampel t test, pada derajat kebenaran 99%, menunjukkan nilai 11,014. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat pendapatan sesudah dan sebelum diadakannya pengembangan produk di BMT UGT Sidogiri. Karena thitung = 11,014 > ttabel = 2,03224.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 17 Dec 2018 01:47
Last Modified: 17 Dec 2018 01:47
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item